Rajin Konsumsi Kacang Panjang? Ini Manfaat Ajaibnya!

0

Pertanianku – Siapa tak kenal kacang panjang? Sayuran hijau yang satu ini pasti akrab sebagai menu sehari-hari seperti gado-gado, pecel, tumisan, dan masih banyak lainnya. Sayuran satu ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena harganya yang sangat murah.

Walaupun kacang panjang sering dipandang sebelah mata karena harganya murah, sayuran hijau satu ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan, terutama untuk kaum wanita.

Kacang panjang dapat memenuhi nutrisi harian berupa beta karoten, klorofil, protein, riboflavinserat, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, folat, tembaga, magnesium, mangan, potasium, zinc, dan selenium. Selain nutrisi yang bermanfaat tersebut, kelebihan sayuran satu ini adalah bebas lemak jahat, bebas kolesterol, rendah lemak, dan sodium. Sayuran satu ini cenderung aman dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan penyakit berat.

Dilansir oleh health food nutrition, pada beberapa negara, kacang panjang digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati rematik, radang sendi, dan masalah saluran kemih. Dengan segala nutrisinya, dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, darah tinggi, mencegah sembelit, dan meningkatkan kesehatan seluruh organ tubuh. Selain itu, sayuran ini juga dapat mencegah diare dan menjaga kehalusan kulit dari dalam.

Anti-oksidan dan fungsi antibakterial yang terdapat dalam kacang panjang dapat menurunkan risiko kanker payudara dan leukimia (kanker darah). Sayuran ini juga berperan untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat, menghindari sakit punggung, dan mencegah anemia. Semua fungsi itu sangat baik untuk wanita karena wanita lebih rentan mengalami anemia.

loading...
loading...