Resep Pintar Mengolah Jamur Tiram dengan Benar Agar Tidak Bau

0

Pertanianku – Jamur tiram merupakan salah satu makanan yang cukup populer. Jamur tiram biasanya dijadikan olahan camilan. Jamur ini pun juga terkenal memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain itu, rasa dan teksturnya unik dan sangat lezat. Karenanya, jamur sering diolah jadi berbagai makanan yang enak seperti jamur crispy, tumis jamur, botok, pepes, dan lain sebagainya.

sukses-berbisnis-budidaya-jamur-tiram-dengan-omzet-rp30-juta-per-bulan

Salah satu kendala yang sering dihadapi saat mengolah jamur adalah bau khas mirip kayu. Bau ini jika tak dihilangkan akan memengaruhi rasa jamur.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada cara untuk menghilangkannya. Berikut penjelasannya.

  • Pilihlah jamur yang segar. Jamur yang masih segar memiliki ciri antara lain warnanya bersih, jamur masih mekar sempurna, tidak bau menyengat, dan tidak berair. Jamur ini akan terasa sangat lezat dan segar saat diolah jadi berbagai masakan.
  • Anda harus membersihkan jamur dengan maksimal. Cuci dan bersihkan bagian akar luar jamur agar tidak bau kayu.
  • Setelah mencuci bersih, Anda disarankan untuk merendam jamur tiram dalam air garam. Tak cuma menghilangkan bau yang aneh saja, cara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada jamur. Setelah direndam, bilas jamur dan tiriskan, kemudian olah sesuai selera Anda.

Jika cara-cara tersebut masih belum juga berhasil menghilangkan bau pada jamur tiram, disarankan untuk mengukus jamur selama kurang lebih 15 menit. Ini akan menghilangkan bau dari jamur. Setelah itu, peras jamur agar bau larut bersama dengan air.

loading...
loading...