RI Siap Impor Sapi 80 Ekor Sapi Hingga Akhir Tahun

0

Pertanianku – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mempersiapkan untuk kembali impor sapi hingga akhir tahun ini. Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah memberikan izin kepada sejumlah perusahaan penggemukan (Feedloter) yang ikut kebijakan baru untuk mengimpor sapi indukan. Terdapat feedloter yang telah diberikan izin untuk mendatangkan 80 ribu ekor sapi.

RI Siap Impor Sapi 80 Ekor Sapi Hingga Akhir Tahun

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan 80 ribu sapi bakalan ini akan didatangkan oleh 19 perusahaan feedloter. Mereka telah bersedia untuk ikut mendatangkan sapi indukan.

“Ini yang 80 ribu hanya bakalan saja, diluar yang ‎indukan,” Ungkap Mendag Enggartiasto, seperti dilansir dari Republika (26/10).

Dalam perhitungan sebelumnya, pemerintah masih membutuhkan sekitar 150 ribu ekor sapi pada kuartal IV 2016. Namun saat ini baru ada 80 ribu ekor sapi impor yang akan didatangkan. Akan ada kekurangan 70 ribu ekor sapi.

Namun, Mendag menyebut bahwa jumlah impor sapi sebanyak 80 ribu ekor sapi akan mencukupi kebutuhan daging sapi. Apalagi stok sapi yang didatangkan pada kuartal sebelumnya masih ada, ditambah dengan sapi dari peternak lokal.

Selain itu, Kemendag masih akan menerima permohonan izin dari feedloter jika memang ada perusahaan yang siap memenuhi keinginan Pemerintah dalam melakukan impor sapi indukan. Sehingga jika ada feedloter yang siap impor sapi pada kuartal IV 2016, perusahaan tersebut akan diberikan izin sesuai dengan kemampuannya.

loading...
loading...