Rumah Tetap Bersih Saat Memelihara Kucing, Ini Tipsnya


Pertaninaku – Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah seperti kucing, pasti akan sangat menyenangkan bukan? Pasalnya, kucing adalah hewan peliharaan yang sangat lucu, menggemaskan, dan sangat manja. Terlebih kucing bisa dijadikan teman bermain yang sangat menyenangkan.

rumah-tetap-bersih-saat-memelihara-kucing

Menurut penelitian, bermain-main dan membelai kucing memiliki efek yang baik bagi kesehatan. Manusia dan kucing memang terbukti dapat hidup bersama dengan harmonis. Namun, memelihara kucing yang lucu dan menggemaskan di rumah tentu saja membutuhkan kasih sayang dan perawatan yang benar. Memelihara kucing juga bisa bikin rumah jadi berantakan dan kotor jika Anda tidak memerhatikan beberapa hal berikut.

Miliki vacuum cleaner yang bagus

Anda tidak harus membeli vacuum cleaner yang mahal. Yang terpenting adalah Anda memiliki vacuum cleaner yang bisa bekerja dengan baik. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, sofa, dan tirai secara menyeluruh. Lakukan beberapa kali dalam seminggu agar tidak ada bulu kucing yang menempel.

Lapisi furnitur dengan kain

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pemilik kucing adalah bulu hewan yang rontok dan bertebaran di mana-mana seperti di lantai, furnitur, dan pakaian.

Untuk mengurangi bulu yang rontok dan tersebar di mana-mana, tempatkan handuk di mana pun kucing suka beristirahat, misalnya di sofa dan di karpet. Secara teratur, jemur handuk tersebut di luar rumah untuk menghilangkan bau.

Kemudian cuci handuk menggunakan tangan, bukan dengan mesin cuci agar tidak ada bulu kucing yang tertinggal di mesin cuci.

Siapkan rumah untuk kucing

Kucing sangat suka bermain-main seperti memanjat, melompat, menggaruk sesuatu, dan bergerak bebas agar tetap sehat. Itu sebabnya kucing suka memanjat jendela dan melompat-lompat di sofa.

Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer

Namun, jika Anda tidak ingin jendela dan sofa rusak akibat kebiasaan kucing yang seperti suka menggaruk, buatlah rumah khusus untuk kucing. Misalnya, rumah bertingkat yang terbuat dari kayu supaya kucing bisa memanjat, melompat, dan istirahat dengan nyaman dan bebas.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan rumah kucing, terutama setelah kucing menggunakannya.

Siapkan boks untuk kotoran

Maksudnya, sediakan boks berisi pasir dan biasakan kucing untuk membuang urin dan kotoran di sana. Bersihkan boks tersebut secara teratur untuk menjaga semuanya tetap bersih. Kucing yang bersih akan selalu sehat dan merasa senang.

loading...
loading...