Rumput Laut RI Favorit Filipina

0

Pertanianku – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan tamu kehormatan negara Presiden Filipina Rodrigo Duterte beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan ada sejumlah hal positif yang didapatkan Indonesia khususnya akses perdagangan.

Rumput Laut RI Favorit Filipina

“Saya bicara dengan Mendag (Filipina) mereka mau memberikan prioritas masuk dari kita, antara lain rumput laut. Mereka memerlukan banyak,” ucap Enggartiasto sebagaimana dilansir Okezone.com (16/9).

Menteri Perdagangan memaparkan bahwa sebenarnya RI juga membutuhkan rumput laut yang cukup banyak, tetapi untuk ekspor rumput laut ke Filipina Menteri Perdagangan akan melihat dari banyaknya produksi rumput laut itu sendiri.

“Kalau kita surplus baru kita ekspor, kalau pasar sudah cukup, yang tadinya terbuang kita dorong saja, karena secara relatif tidak terlalu sulit,” tuturnya.

Selain itu, Presiden Filipina meminta Indonesia untuk tetap menjaga ekspor batu bara ke Filipina. Filipina pun berjanji untuk memberikan pengamanan ekstra pasca adanya penahanan WNI oleh kelompok Abu Sayaf.

“Mereka berharap betul kepada kita untuk tidak memberhentikan ekspor batu baranya,” ungkap Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

loading...
loading...