Sering Makan Taoge, Berarti Anda Beruntung!


Pertanianku – Kecambah atau taoge adalah biji yang mulai berkembang untuk menjadi tumbuhan. Proses biji menjadi kecambah ini akan membuat kacang dan biji-bijian akan lebih mudah dicerna dan meningkatkan kandungan gizi di dalamnya.

Berikut ini beberapa fakta taoge yang mungkin belum Anda ketahui. Lantas, apa saja manfaat taoge untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E yang tinggi pada taoge sangat memiliki manfaat bagi kulit di antaranya menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, serta membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

Menurunkan kolesterol

Para penyandang risiko stroke dan serangan jantung disebabkan oleh lemak darah melambung, dianjurkan untuk makan kecambah lebih banyak. Saponin dalam taoge akan menghancurkan kandungan lemak LDL (lemak jahat) tanpa mengganggu lemak HDL (lemak baik).

Menjaga kepadatan tulang

Estrogen alami yang ditemukan dalam taoge bisa meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis).

Melindungi sistem pencernaan

Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satu obat karena bersifat basa.

Meningkatkan kesuburan

Menekan gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause. Vitamin E dan protein pada taoge yang sangat tinggi dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pria karena hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat makan taoge.

Mencegah pertumbuhan sel kanker. Kecambah kedelai pada taoge kaya akan senyawa antikanker. Kandungannya akan lebih efektif kalau masih berbentuk benih kecambah.

Memperlambat penuaan

Taoge merupakan salah satu sayuran yang mengandung anti-oksidan yang kuat. Baiknya, taoge dikonsumsi mentah, tetapi Anda juga bisa menyiramnya dengan air panas kalau nggak suka mentah.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus mengonsumsi taoge mulai hari ini.

Baca Juga:  Terbukti! Khasiat Jamu Kunyit untuk Pengantin Wanita
loading...
loading...