Sering Mengonsumsi Kangkung, Berarti Anda Beruntung


Pertanianku – Kangkung merupakan salah satu sayuran yang kaya manfaat. Sayuran satu ini banyak disukai oleh masyarakat. Bagaimana tidak, kangkung kerap menjadi menu masakan sehari-hari. Kangkung biasa ditanam di tempat basah, misalnya di rawa-rawa atau tanah berlumpur.

sering-mengonsumsi-kangkung-berarti-anda-beruntung

Sayuran ini juga sangat cepat masa pertumbuhannya, yaitu hanya sekitar 6 minggu setelah masa tanam sudah dapat dipanen. Terdapat dua jenis kangkung yang ada di Indonesia, yaitu kangkung darat dan kangkung air.

Ciri kangkung air di antaranya memiliki daun lebar, warnanya hijau kelam, dan bunganya keunguan. Sementara itu, kangkung darat daunnya lebih kecil dan bunganya keputihan. Batang kangkung menjalar dan tumbuh di wilayah perairan.

Kangkung mempunyai kandungan bermanfaat. Kandungan kangkung antara lain, vitamin C, vitamin A, vitamin B1, lemak, protein, zat besi, fosfor, serat, karbohidrat, air, gula, dan lain sebagainya. Tidak heran jika kangkung memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya melimpah.

Berikut beberapa manfaat kangkung jika sering dikonsumsi.

Mengatasi kolesterol

Banyak masyarakat Indonesia yang terkena kolesterol karena mengonsumsi makanan berlemak atau berminyak terlalu berlebih. Anda bisa mengatasi kolesterol tersebut dengan memperbanyak mengonsumsi kangkung. Kangkung dipercaya dapat mengontrol kolesterol secara alami.

Mengontrol darah

Kangkung memiliki kandungan yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah, jantung, dan otak. Itulah sebabnya kangkung bermanfaat mengontrol darah dalam tubuh.

Mengatasi insomnia

Banyak orang yang mengatakan sering mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan kantuk. Agaknya, anggapan tersebut benar adanya.

Pasalnya, kangkung terbukti mampu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Insomnia ini termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak segera diatasi. Itulah sebabnya Anda harus mengonsumsi kangkung sebanyak mungkin kalau mengalami penyakit insomnia.

Mencegah dan mengobati sariawan

Baca Juga:  Petani Ini Kembangkan Bunga Kol Warna-warni

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kangkung mengandung banyak vitamin C. Kandungan tersebut membuat kangkung menjadi salah satu pencegah sariawan sekaligus mengobatinya.

Selain itu, sakit gigi juga bisa Anda obati dengan mengonsumsi kangkung karena kandungan antiseptiknya cukup tinggi. Anda hanya perlu mengunyah daun kangkung dan kuman penyebab sakit gigi dapat terbunuh dalam sekejap.

Meningkatkan kualitas otak

Kangkung mengandung omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kualitas otak. Terutama bagi ibu hamil, mengonsumsi kangkung dapat membantu meningkatkan kinerja dan pertumbuhan otak janin.

Menjaga mata tetap sehat

Kesehatan mata sangat terkait dengan konsumsi vitamin A dan itu terdapat pada sayuran kangkung. Jika rutin mengonsumsi kangkung, kesehatan mata akan terjaga dan terhindar dari katarak.

loading...
loading...