Stop Buang Kulit Udang, ini Dia Manfaatnya

Pertanianku – Sebelum mengolah udang pastilah Anda membersihkan kulitnya terlebih dahulu bukan? Namun, tahukah Anda bahwa kulit udang ternyata bermanfaat? Mulai sekarang jika berminat ingin memasak menu udang, jangan membuat kulitnya. Ini karena kulit udang dapat diolah menjadi kaldu seafood. Benarkah demikian?

Stop Buang Kulit Udang, ini Dia Manfaatnya

Sup seafood atau biasa masyarakat mengenalnya tomyum akan semakin gurih jika dibuat menggunakan kaldu seafood. Untuk mendapatkan kaldu yang gurih, bisa menggunakan kulit udang. Dilansir dari TheKitchen, manfaat dari kulit udang dan kepalanya, bisa diolah jadi kaldu lezat sebagai base pembuatan sup, saus, atau bumbu.

Waktu yang diperlukan untuk membuat kaldu seafood cukup singkat, tidak memerlukan waktu yang lama layaknya membuat kaldu sapi. Bahkan, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk membuat kaldu seafood dari kulit dan kepala udang cukup mudah. Cuci kulit dan kepala udang di bawah air mengalir hingga bersih. Rebus dalam panci berisi air dingin. Jangan lupa menambahkan merica, daun salam, dan beberapa tangkai daun peterseli untuk membuat rasanya semakin gurih.

Masak kulit udang tersebut selama kurang lebih 15 menit hingga air berubah warna menjadi oranye terang. Setelah dirasa cukup, saring kaldu. Makin kecil saringan, akan semakin bagus hasil yang didapatkan.

Kaldu udang ini bisa langsung digunakan atau bisa juga disimpan dalam freezer hingga beku. Cairkan kaldu saat akan digunakan sebagai bahan campuran atau bahan baku sup.

loading...
loading...