Super Nova: Varietas Jeruk Baru Nonbiji


Pertanianku – Baru-baru ini terdapat varietas jeruk baru yang diberi nama super nova. Yang membuatnya menarik adalah karena jeruk satu ini tidak memiliki biji. Jeruk ini mempunyai rasa manis asam serta aroma wangi dan berwarna oranye gelap.

Sebenarnya, super nova adalah salah satu jenis jeruk dari keluarga jeruk mandarin, tapi butuh waktu hingga 50 tahun untuk bisa mendapatkan buah ini.

Pada 1966, seperti diberitakan The Independent, petani citrus dari Orlando, Amerika Serikat, bernama Jack Hearn menciptakan buah dari persilangan dua varietas mandarin, yaitu Lee dan Nova.

Ia ingin mempelajari lebih dalam bagaimana mereka menebarkan serbuk sari. Salah satu hibrida yang ia ciptakan ternyata cukup berharga karena tidak memiliki biji.

Sayangnya, karena beberapa alasan pohon itu tidak berbuah.

“Dalam 34 tahun, saya melihatnya menghasilkan panen hanya sekali,” kata Randall Diggers, seorang peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Lalu, 22 tahun kemudian, yakni pada 1988, jeruk mandarin yang diproduksi di California berkembang dan banyak petani menanam buah hibrida ini.

Nah baru sekarang ini pohon-pohon tersebut menghasilkan panen pertama mereka yang layak.

Setelah disetujui bahwa buah ini harus diberi nama formal, Robert LoBue, manajer umum Lobue Citrus, kemudian memberikan nama super nova.

“Nama ini terinspirasi oleh warna oranye yang terang dan rasanya yang enak,” papar Randall dalam LA Times beberapa waktu lalu.

Nah, bagi Anda yang penasaran mencoba, tampaknya harus bersabar karena hingga saat ini, buah jenis baru tersebut hanya beredar di pasar Amerika Serikat.

Baca Juga:  Luas Panen Padi di Wilayah Ini Ditargetkan 4.000 Hektare pada Oktober
loading...
loading...