Tata Cara Budi Daya Bengkuang Agar Berbuah

Pertanianku – Bengkuang merupakan buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah ini juga digunakan untuk merawat kecantikan. Bengkuang adalah tanaman buah yang tidak dapat dibudidayakan di lahan sembarangan. Pasalnya, jika budi daya bengkuang dilakukan di sembarang akan memengaruhi kualitas dari bengkuang tersebut. Berikut tata cara budi daya bengkuang.

Tata Cara Budi Daya Bengkuang Agar Berbuah

Penyiapan benih

Untuk memulai budi daya bengkuang, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah benih bengkuang. Benih bisa Anda dapatkan dengan cara menyeleksi bengkuang yang telah tumbuh. Pilihlah tanaman yang sehat, biarkan tanaman hingga mengeluarkan polong.

Budi daya bengkuang harus di tanah yang gembur. Buat bedengan agar drainase mampu berjalan dengan baik. Lebar dari bedengan ini 1 meter dan tinggi 20—25 cm. Jarak antarbedengan 40—50 cm.

Tebarkan kompos atau pupuk kandang, dosis pupuk kurang lebih 20 ton untuk per hektarenya. Aduk dan campurkan secara merata. Di dalam sebuah bedeng, buat 2 baris lubang. Jarak antarbaris 25—30 cm. Masukkan benih sebanyak 1 biji dan timbun dengan tanah. Siram secukupnya demi mempertahankan kelembapan tanah. Sebelum benih ditanam, lebih baik direndam terlebih dahulu 6 hingga 12 jam.

Perawatan bengkuang

Tanaman buah ini termasuk di dalam tanaman yang sangat tahan terhadap kekeringan. Namun, jika terjadi kekeringan yang ekstrem, Anda bisa melakukan penyiraman. Hindari melakukan penyiraman dengan setengah basah karena akan membuat tanaman layu dan mati. Jika tanaman telah berumur 2 minggu, batangnya tumbuh serta menjalar.

Setelah usia 2 minggu, Anda bisa melakukan penyiangan bergantung dari kondisi lahan. Saat tanaman berumur 3 minggu, Anda sudah bisa melakukan pemupukan. Beri pupuk dengan tambahan kompos kering atau sekam. Saat menginjak 1 bulan, Anda bisa memulai proses pengguntingan-pengguntingan pucuk di semua tanaman.

Setelah pengguntingan yang pertama, akan banyak tunas yang baru. Pengguntingan ini dilakukan saat bunga telah mekar sebanyak 80%.

Pemanenan bengkuang

Bengkuang baru bisa dipanen saat berusia 4 bulan. Namun, jika ingin bengkuang memiliki ukuran yang lebih besar, Anda bisa menunggu saat usianya 5—8 bulan. Saat sudah 8 bulan, lebih baik segera lakukan pemanenan. Jika Anda masih menunda pemanenan, buah akan menjadi kurang renyah dan memiliki serat. Cara pemanenan bengkuang dengan melakukan pencabutan batang.

loading...
loading...