Tata Cara Budidaya Ikan Tombro untuk Pemula

0

Pertanianku – Ikan tombro merupakan ikan air tawar yang sangat sering dikonsumsi hampir seluruh kalangan, khususnya para pecinta kuliner tanah air. Peluang pemasaran dari ikan tombro ini yang sangat menjanjikan. Pemeliharaannya juga termasuk mudah.

Tata Cara Budidaya Ikan Tombro untuk Pemula

Ikan tombro sendiri adalah salah satu ikan bercita rasa gurih dan enak. Selain itu, ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Untuk mengetahui lebih lanjut langkah-langkah budidaya ikan tombro, berikut penjelasannya.

Syarat hidup ikan tombro

Untuk melakukan budidaya ikan tombro, Anda harus memahami habitat asli ikan ini. Pada habitat aslinya ikan tombro hidup di perairan sungai, waduk, dan danau dengan ketinggian sekitar 150—600 mdpl dengan kondisi suhu air sekitar 20—25 derajat Celsius. Ikan tombro digolongkan sebagai ikan pemakan segalanya atau omnivora. Oleh karena itu, ikan tombro dapat memakan lumut, dedaunan, cacing, serangga, dan lain sebagainya.

Biasanya ikan tombro dipelihara di kolam beton, kantong jaring apung, kolam air deras, kolam tanah, atau juga tergantung pada ketersediaan lokasi. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari air itu sendiri yang membutuhkan pH air sekitar 7—8 dan kadar oksigen cukup tanpa adanya pencemaran dari kandungan zat kimia berbahaya.

Pemijahan ikan tombro

Proses pemijahan ikan tombro harus dirangsang dengan cara membentuk habitat yang mirip seperti kondisi lingkungan perairan. Ikan tombro dapat memijah secara alami atau dengan rangsangan hormon.

Berikut persiapan pemijahan ikan tombro.

  • Siapkan kolam atau bak untuk pemijahan ikan.
  • Bersihkan kolam atau bak.
  • Isi kolam dengan air sekitar 75—100 cm.
  • Pasang hapa untuk memudahkan panen larva di bak atau kolam dengan dimensi 4 m × 3 m × 1 m. Hapa diberi pemberat agar tidak mengambang.
  • Pasang kakaban berupa ijuk yang dijepit bambu atau papan dengan memiliki dimensi 1,5 m × 0,4 m di lokasi pemijahan atau di dalam hapa.
  • Masukkan indukan ikan tombro jantan dan betina dengan rasio perbandingan sekitar 2 atau 3:1, tergantung pada bobot indukan.
  • Angkat indukan yang sudah selesai memijah. Pindahkan ke lokasi kolam pemeliharaan induk.
  • Jika telur sudah berumur sekitar 4 hari, telur akan menetas menjadi larva. Saat menetas, larva masih memiliki cadangan makanan dari telur. Setelah itu, berikan pakan tambahan seperti pelet untuk larva, rebusan kuning telur atau juga kutu air. Saat larva berumur sekitar 5 hari, larva siap untuk dipindahkan ke kolam pembenihan.

Pemeliharaan ikan tombro

Agar memberikan hasil yang maksimal, lakukan pemeliharaan ikan tombro di air yang tenang dengan sirkulasi air cukup (terus-menerus). Pemeliharaan dilakukan selama kurang lebih 3—4 bulan.

Kondisi dan kualitas air kolam sangat berpengaruh terhadap pembesaran bibit ikan tombro. Ini karena dapat memengaruhi nafsu makan ikan. Selain kondisi air, di tengah kolam lebih baik diberi pancuran atau juga filterisasi untuk memperbaiki kondisi air yang buruk serta meningkatkan kadar oksigen di dalam kolam.

Pemberian pakan

Ikan tombro ini mempunyai sifat yang rakus dan juga pemakan segalanya atau omnivora. Ikan ini mudah memakan segala makanan, baik berupa hewani maupun nabati seperti serangga, sayuran, ganggang, lumut, atau cacing.

Berikan pakan 3 kali dalam sehari. Pemberian pakan pada pagi hari dapat meningkatkan kadar dari oksigen yang telah dikeluarkan oleh tanaman air sebagai akibat dari proses fotosintesis oleh matahari.

Panen

Ikan tombro baru bisa dipanen setelah masa pembibitan sekitar 3—4 bulan atau tergantung dari kebutuhan.

Itulah sekilas tata cara budidaya ikan tombro. Silakan mencobanya!

loading...
loading...