Tata Cara Budidaya Singkong Gajah


Pertanianku – Singkong merupakan komoditas andalan dari hasil pertanian yang paling diharapkan demi peningkatan kesejahteraan petani. Salah satu jenis singkong yang sangat populer adalah singkong gajah.

Tata Cara Budidaya Singkong Gajah

Berdasarkan data yang telah diperoleh, panen singkong gajah dapat mencapai 15—47 kg/pohon. Jika harga per kilogramnya dipatok Rp1.000, dalam satu pohon bisa menghasilkan Rp15.000—RP47.000. Dengan hasil yang fantastis tersebut, tentunya budidaya singkong gajah adalah keputusan yang harus Anda ambil.

Untuk membudidayakan singkong gajag ada tahapan dan tata caranya. Berikut tata cara budidaya singkong gajah dengan benar.

Dalam budidaya singkong gajah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu di antaranya rumus budidaya singkong gajah yang telah berhasil diterapkan oleh ahlinya. Rumusnya: P= G + L +M. P adalah produktivitas, G itu genetika, L merupakan lingkungan, dan M berarti manajemen genetika.

Disamping itu, singkong gajah memiliki karakter yang sungguh istimewa. Ini karena setiap gennya dapat membelah dengan cepat dalam pembentukan akar. Hal ini menyebabkan singkong tersebut dapat tumbuh dengan cepat dan mampu menghasilkan jenis singkong yang gurih dan berumbi banyak.

Pemilihan lahan sangat vital dalam budidaya singkong gajah karena perubahan lingkungan dapat berdampak pada produktivitas dan pertumbuhan singkong. Pada proses penanamannya, singkong gajah membutuhkan sinar matahari langsung dari pagi hingga sore hari. Ketersediaan air juga penting karena kecukupan air sangat diperhitungkan dalam perkembangan tanaman. Perhatikan pula kondisi tanahnya. Tanah yang gembur bagus daya pegangnya terhadap air, stabil, dan lembut. Setelah semua proses terpenuhi, lakukan pemupukan dengan pupuk organik yang mencukupi dan lengkap. Pemupukan juga memiliki peran penting terhadap pertumbuhan singkong gajah.

Berikut tata cara budidaya singkong gajah

Tahap pertama, potong/setek batang kira-kira 25 cm. Pastikan setiap seteknya mempunyai 10 tunas. Tahap kedua, sediakan lahan tanam singkong dengan ruang gerak pada akar. Pastikan tanah tersebut gembur dan berdaya pegang air yang baik serta cukup ruang untuk akar dan tersedia cadangan makanan yang banyak.

Baca Juga:  Ini Lho Faktor Penentu Pertumbuhan Tanaman Hidroponik, Seperti Apa Ya?

Setelah melalui tahap satu dan dua dalam budidaya singkong gajah, lakukan penanaman. Tancapkan batang setek ke dalam tanah sepertiga bagian hingga setengah. Jarak yang ideal adalah 1,5 m × 1,5 m untuk kemudahan memperoleh sinar matahari. Tahap keempat atau tahap terakhir, yaitu perawatan. Tahap ini cukup sederhana dan tidak serumit yang Anda temukan pada komoditas pertanian lain. Yang perlu dilakukan adalah pemupukan pada waktu pratanam dan pemupukan susulan.

loading...
loading...