Tata Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar


Pertanianku – Bagi Anda yang memelihara kucing di rumah, memotong kukunya merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dan menjadi suatu hal yang wajib. Ini karena memotong kuku kucing berkaitan erat dengan perilaku alamiah kucing, yaitu menggaruk.

Tata Cara Memotong Kuku Kucing dengan Benar

Menggaruk merupakan perilaku alami kucing dan banyak dilakukan dalam kegiatan kesehariannya. Pemilik tidak dapat mengajari ataupun melarang kucing kesayangannya untuk tidak menggaruk.

Sebagai pemilik kucing, Anda dapat mengajarkannya untuk menggaruk pada tempat yang telah disediakan. Jika tidak, kebiasaan atau tingkah polah kucing menggaruk dan mencakar dapat merugikan.

Kuku memang penting, baik untuk kucing dewasa maupun untuk anakan. Namun, di saat sedang bermain dengan kita jika kuku kucing tersebut masih belum dipotong, dapat melukai atau merusak benda yang ada di rumah.

Memotong kuku kucing dapat dilakukan sendiri, tidak perlu ke salon. Yang Anda perlukan hanyalah gunting kuku khusus kucing dan lakukan dengan hati-hati saat memotong kukunya. Berikut langkah-langkah memotong kuku kucing.

Gunakan gunting kuku khusus kucing. Gunting ini biasanya dijual di petshop. Tekan kulit telapak kaki kucing. Hal ini berguna mempermudah dalam memotong kuku kucing. Jika ditekan pada bagian kulit di telapak kakinya, kuku kucing akan keluar dan memudahkan Anda memotongnya.

Potong ujung kukunya saja. Jangan terlalu banyak memotong kuku karena bisa menyebabkan kucing kesakitan. Potong bagian ujungnya yang runcing saja. Bagian kuku yang runcing biasanya sangat tipis sehingga mudah untuk dipotong.

Saat memotong kuku kucing kesayangan, jangan pernah memotong kuku yang terlihat tebal. Ini karena jika dipotong dapat membuat kuku kucing terluka dan berdarah. Untuk perawatan rutin, lakukan pemotongan kuku secara berkala, misalnya dua minggu sekali.

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta
loading...
loading...