Tata Cara Pemberian Pupuk Kelapa Sawit Secara Tepat

0

Pertanianku – Kelapa sawit merupakan salah satu jenis tanaman industri yang dapat menghasilkan minyak nabati. Di Indonesia, perkebunan kelapa sawit pertama kali dipelopori oleh seseorang berkebangsaan Belgia yang bernama Adrien Hallet yang pernah menanam pohon tersebut di Afrika. Tumbuhan ini dapat hidup dengan baik di lingkungan yang memiliki curah hujan berkisar 2.000—4.000 mm/tahun dan memiliki pH tanah sekitar 4,0—6,0.

DPR Diminta Segera Sahkan RUU Perkelapasawitan

Agar didapatkan hasil yang optimal, salah satu yang harus diperhatikan adalah masalah pemupukan. Dalam pemupukan kelapa sawit, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  1. Sebelum melakukan pemupukan, sebaiknya membersihkan terlebih dahulu piringan dari alang-alang, rumput, dan kotoran lainnya.
  2. Pupuk ditabur dengan merata dimulai dari 0,5 m dari pohon hingga ke pinggir piringan pada areal yang datar.
  3. Pada areal berteras, pupuk disebarkan pada piringan dengan takaran 2/3 dari dosis untuk diberikan di bagian dalam teras yang berada di dekat dinding bukut dan 1/3 dosis diberikan di bagian luar teras.

Cara pemupukan untuk tanaman kelapa sawit secara tepat sebagai berikut.

  1. Melakukan penyebaran secara merata di lingkar luar dan lingkar batang dalam pada batang kelapa sawit.
  2. Menempatkan pupuk pada piringan kelapa sawit.
  3. Pupuk ditempatkan di larikan yang mengelilingi pokok dan dibenamkan ke dalam larikan yang kemudian ditimbun lagi dalam tanah.
  4. Melakukan pemupukan dengan menyemprotkannya ke daun.
  5. Melakukan pemupukan dengan menggunakan infus akar.
loading...
loading...