Pertanianku – Saat ingin menanam cabai, hal pertama yang harusdilakukan adalah penyemaian tanaman cabai sangat penting dilakukan. karena pada proses penyemaian dilakukan untuk pertumbuhan tanaman tersebut kedepannya. Penyemaian juga bertujuan untuk memperkuat daya tahan tanaman cabai dari serangan hama dan penyakit serta dapat membantu mempercepat dalam proses penanaman yang dilakukan.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan cabai, Anda bisa menggunakan tray. Menanam cabai di tray dirasa sangat mudah dilakukan di rumah. Cara ini pun tergolong cukup praktis dan sederhana.

Bukan hanya itu, penyemaian biji tanaman cabai juga harus di perhatikan dengan baik dalam menentukan biji berkualitas, untuk dapat mempercepat dalam pertumbuhan dan menghindari kematian yang tinggi saat proses persemaian dilakukan. berikut teknik tepat menyemai benih cabai ke dalam tray.

  1. Siapkan tray.
  2. Siapkan media tanam.
  3. Siapkan bibit cabai yang akan ditanam.
  4. Isilah tray dengan media tanam hingga merata.
  5. Tray yang telah terisi dengan media tanam, selanjutnya dilubangi dengan menggunakan tanangan ataupun kayu kecil sedalam 0,5—1 cm.
  6. Setelah semua tray dilubangi selanjutnya masukkan benih cabai di dalam semua bagian tray.
  7. Setelah bibit cabai di tanam, tutup kembali dengan media tanam secara merata.
  8. Lalu disiram dengan menggunakan spay.
  9. Usahakan menjaga kelembapan tanaman dengan cara meletakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  10. Lakukan penyiraman pada tanaman secara rutin pagi dan sore hari menggunakan tray.
  11. Terus lakukan perawatan hingga daun muncul.
loading...
loading...