Teknik Tepat Budi Daya Jamur Kancing


Pertanianku – Jenis jamur yang dapat dikonsumsi salah satunya adalah jamur kancing. Dalam bahasa Latinnya Agaricus bisporus dan dikenal pula dengan nama button mushroom atau jamur champignon.

Teknik Tepat Budi Daya Jamur Kancing

Sebagian orang beranggapan bahwa jamur kancing ini hampir sama dengan jamur merang. Padahal, kedua jenis jamur ini berbeda. Pada jamur kancing terdapat batang yang bentuknya menyerupai cincin. Jamur ini pertama kali dibudidayakan di Prancis dan sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Apabila diolah, rasa jamur kancing ini sangat lezat.

Tingginya permintaan konsumen terhadap jamur kancing ini membuka peluang besar untuk melakukan budi daya jamur kancing. Hal ini dikarenakan jamur kancing mempunyai kandungan vitamin dan mineral serta bebas dari lemak sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Cara pemeliharaan jamur kancing juga dapat dilakukan dengan mudah. Berikut panduan budi daya jamur kancing.

Tahap penyediaan media tanam

Pada budi daya jamur kancing media tanam harus diperhatikan dengan benar. Media yang digunakan adalah jerami padi, bekatul, dan kapur pertanian. Sediakan pupuk urea, ZA, dan TSP. Setelah itu, lakukan pengomposan dengan cara memotong jerami padi kemudian dicuci hingga bersih lalu ditiriskan dan dijaga kelembapannya. Selanjutnya, jerami dapat ditumpuk setinggi 15 cm, berikan sedikit bekatul dan kapur di bagian atasnya. Pada keesokan harinya tumpukan jerami dapat dibalik dan beri pupuk urea. Setelah 6 hari, taburkan pupuk ZA, kemudian di ratakan. Di hari ke-10 pemberian pupuk TSP dapat dilakukan.

Tahap pada budi daya jamur kancing yang berikutnya, yaitu melakukan sterilisasi pada media tanam. Caranya, dengan meletakkan media di atas rak dan simpan pada ruangan kumbung jamur. Setelah itu, uap panas yang berasal dari rebusan air yang berada pada pembangkit uap diatur hingga suhu mencapai 65 derajat Celcius. Setelah itu, ventilasi ruangan dapat dibuka dan suhu dalam ruangan harus dijaga kestabilannya.

Baca Juga:  Bagaimana sih Cara Membedakan Kopi Arabika dan Robusta?

Tahap penanaman bibit jamur

Proses berikutnya pada budi daya jamur kancing adalah menanam bibit jamur. Bibit dapat mulai ditanam ketika suhu ruangan mencapai 32 derajat Celcius. Media tanah yang digunakan, yaitu media yang telah ditumbuhi dengan miselium dan gunakan tanah cokelat berpori. Ph tanah juga harus dijaga dan harus terbebas dari hama dan penyakit. Tanah perlu disterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Proses tanam pada budi daya jamur kancing ini harus menunggu selama 2 minggu dan setelah itu akan tumbuh buah jamur kancing. Jika buah sudah muncul, ventilasi harus dibuka sehingga proses tumbuh kembang jamur dapat berjalan dengan cepat. Setelah 3 hari, jamur sudah dapat dipanen. Cukup mudah bukan menjalankan budi daya jamur kancing.

loading...
loading...