Teknik Tepat Budidaya Belut di Air Bersih


Pertanianku – Belut merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai terlebih di Indonesia. Belut memiliki bentuk hampir sama dengan ular karena tubuhnya yang licin. Belut biasanya dibuat aneka makanan, baik itu diolah menjadi sayur maupun camilan. Banyak yang mengira jika budidaya belut itu hanya bisa dilakukan pada lumpur ataupun air yang dicampur jerami, pelepah pisang, ataupun sebagainya. Akan tetapi, saat ini sedang berkembang budidaya belut dengan metode baru yang dikembangkan oleh ilmuwan Jepang, yaitu budidaya belut air bersih. Cara ini bisa menjadi salah satu teknik membubidayakan belut dengan mudah. Berikut teknik tepat budidaya belut di air bersih.

Teknik Tepat Budidaya Belut di Air Bersih

Keuntungan dari budidaya belut air bersih

Dengan budidaya belut di air bersih ini, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang mungkin tidak Anda dapatkan dari budidaya belut menggunakan lumpur. Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan bisa mengontrol kondisi belut dengan jelas. Jika terdapat belut yang kurang sehat ataupun mati, Anda bisa langsung mengangkatnya sehingga kolam tetap bersih. Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah bisa menaburkan benih belut yang lebih banyak. Menurut uji coba, dengan menggunakan air bersih, Anda bisa menanam benih belut 30 kali lipat dibandingkan dengan budidaya di lumpur. Tentunya ini akan sangat menguntungkan.

Dengan melakukan budidaya belut menggunakan media air bersih, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari berkurangnya angka kanibalisme pada belut. Belut betina yang berumur 6—8 bulan biasanya jika merasa terusik akan menyerang belut lainnya. Akan tetapi, dengan budidaya belut air bersih justru hal itu tidak terjadi. Ini karena mereka saling membutuhkan kulit antara satu dengan yang lainnya untuk berlindung. Dengan demikian, menggunakan air bersih sebagai media pembudidayaan belut menjadi salah satu cara yang paling efektif dan efisien. Anda tidak perlu mencari jerami untuk membuat lumpur buatan dan juga pakan belut pun tidak akan terbuang sia-sia karena sudah pasti terlihat oleh belut.

Baca Juga:  Ternyata Ini yang Menyebabkan Ikan Jadi Beracun!

Hal-hal penting dalam budidaya belut di air bersih

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memerhatikan beberapa hal penting untuk budidaya belut media air bersih ini. Hal pertama yang harus Anda persiapkan dengan benar adalah air. Tentu saja, ini menjadi hal terpenting. Ini karena dengan memilih air yang bersih dan tepat Anda akan mendapatkan belut berkualitas. Air yang digunakan dalam budidaya belut di air bersih hendaknya air yang tidak mengandung zat-zat berbahaya. Air juga harus terjaga suhunya. Suhu optimal air untuk belut adalah 25—28 derajat Celsius. Selain itu, kolam juga harus memiliki sirkulasi air yang cukup.

Budidaya belut pada air bersih juga membuat Anda harus memerhatikan jenis bibit dari belut. Untuk mendapatkan bibit unggulan dan berkualitas, Anda harus memilih belut yang sehat. Pastikan jika bibit belut yang Anda pilih adalah belut yang tidak terdapat bekas lukanya. Selain itu, bibit untuk budidaya belut air bersih juga akan menghasilkan hasil yang bagus, jika Anda memilih bibit belut yang lincah. Dengan demikian, Anda sudah pasti akan mendapatkan belut yang sangat berkualitas.

loading...
loading...