Pertanianku – Saat ini kegiatan bercocok tanam dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu tanaman yang mudah ditanam adalah cabai. Bahkan, menanam cabai bisa dilakukan menggunakan baki (tray). Menanam cabai menggunakan media ini sangat mudah dan praktis. Namun, ketika tanaman cabai dirasa telah tumbuh membesar Anda harus memindahkan tanaman ke media lainnya. Salah satu media yang bisa dipakai adalah pot.

Ada beberapa persiapan untuk memindahkan tanaman cabai dari tray ke pot:

  • Siapkan pot
  • Siapkan media tanam
  • Siapkan spray yang berisi air

Gunakan pot dengan ukuran minimal 30 cm. Masukkan media tanam ke dalam pot sebanyak ¾ bagian pot. Ambil bibit yang ada di dalam tray, saat mengambilnya usahakan media tanam tidak terlepas pada tanaman, lalu masukkan bibit cabai ke dalam pot secara perlahan. Hal ini dilakukan agar media tanam bisa menopang pertumbuhan cabai yang subur.

Ratakan media tanam dengan cara tekan-tekan sedikit menggunakan jari tangan, proses terakhir adalah penyiraman. Penyiraman dapat dilakukan menggunakan spray. Setelah penyiraman selesai, pindahkan pot ke tempat yang teduh agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Untuk menanam cabai di dalam pot bisa memakai media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, kompos, arang, sekam padi, atau bahan lain yang serupa. Atau, Anda bisa menggunakan media tanam yang sudah jadi yang dapat Anda beli untuk memudahkan proses penanaman.

Hal paling penting dalam budidaya cabai dalam pot adalah kedisiplinan Anda dalam merawat tanaman tersebut. Apa pun jenis cabai yang ditanam, baik itu cabai merah maupun cabai keriting, Anda perlu benar-benar paham bagaimana melakukan proses pemeliharaan yang benar.

Demikianlah cara memindahkan bibit cabai dari tray ke dalam pot.

loading...
loading...