Teknologi dan Nutrisi Pakan ALPU

Pertanianku – Umumnya peternak unggas skala besar bergantung pada ketersediaanpakan komersial dari pabrik pakan dan tidak melakukan aktivitas penyusunan formulasi pakan. Namun, ALPU dapat menggunakan pakan yang disusun dari berbagai bahan lokal sehingga secara ekonomis membutuhkan biaya yang lebih murah. Oleh karena itu, para peternak harus mengetahui prihal prinsip penyusunan pakan sehingga dapat mengetahui secara benar kualitas pakan yang digunakan.

Terkait dengan formulasi dan nutrisi pakan untuk ALPU terdapat beberapa keuntungan, salah satunya adalah toleransi yang tinggi terhadappenggunaan bahan-bahan lokal penyusun pakan dibandingkan ayam  ras pedaging (broiler). Kondisi ini akan menyebabkan penyediaan pakan dan nutrisi bagi ALPU relatif lebih mudah dan murah, terutama dalam memenuhi kebutuhan energi, protein dan asam amino esensial karena dapat digunakan bahan-bahan sumber nutrisi yang lebih bervariasi.

Dalam pemberian pakan untuk ALPU sebaiknya memenuhibeberapa syarat berikut.

1) Harus memenuhi kebutuhan nutrisi ternak

Pakan yang disusun harus memenuhi kebutuhan nutrisi ternak dan tidak disusun secara asal-asalan. Untuk itu, kebutuhan nutrisi ALPU perlu diketahui sebelum menyusun pakan.

2) Ekonomis (relatif murah)

Pakan yang disusun harus diupayakan semurah mungkin. Apabila harganya mahal, pakan menjadi tidak ekonomis dan menimbulkan kerugian meskipun telah memenuhi kebutuhan nutrisi ternak.

3) Tidak menekan performa

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, pakan yang disusun tidak boleh menekan perfoma ayam. Oleh karena itu, pakan harus benar-benar baik, tidak beracun, tidak berjamur, dan tidak mengandung zat-zat yang bersifat toksik.

 

Sumber: Buku Ayam Kampung Pedaging Unggul

loading...
loading...