Telur dari Ayam yang Sering Berkeliaran Lebih Bervitamin, Benarkah?

Pertanianku – Apakah Anda salah satu orang yang sangat suka mengonsumi telur ayam? Telur ayam memang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki kandungan protein dan vitamin D yang cukup tinggi. Vitamin D memang sangat dibutuhkan tubuh dan bisa membantu menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung secara alami.

telur-yang-dihasilkan-dari-ayam-yang-sering-berkeliaran-lebih-bervitamin-benarkah

Anak-anak pun sangat menyukai telur. Namun, tahukah Anda tingkatan vitamin pada setiap telur itu berbeda-beda?

Ternyata dari telur-telur ayam di pasaran, ada telur ayam yang lebih tinggi kandungan vitamin D-nya. Hal ini coba diteliti para ilmuwan dari Reading University pada 270 telur ayam di supermarket di Inggris. Mereka menemukan bahwa telur-telur dari ayam-ayam betina yang dibiarkan berjalan-jalan di pekarangan ternyata memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi dibanding telur dari ayam yang hanya dikandang. Dengan kata lain, telur dari ayam-ayam yang dibiarkan berkeliaran bebas lebih sehat dan bernutrisi untuk dikonsumsi.

Peneliti menemukan bahwa kuning telur dari ayam yang aktif secara fisik ini mengandung 30% lebih tinggi kandungan vitamin D dibanding yang hanya dikurung di dalam kandang tanpa ruang gerak. Bukan hanya itu, ternyata telur dari ayam yang bisa berjalan-jalan dan berkeliaran di lahan luas ini juga tinggi senyawa 25-hydroxy D3, yang berfungsi melindungi kesehatan tubuh.

Peneliti menunjukkan bahwa telur dari ayam yang dikurung terus di kandang hanya punya vitamin D sekitar 1,7 mcg, sedangkan telur dari ayam yang bebas bergerak mengandung 2 mcg. Tapi siapa yang tahu mana telur tinggi vitamin D dan mana yang tidak, ya kan? Karena nyatanya memang tak semua orang tahu.

Tak perlu khawatir, karena ada banyak cara mendapatkan vitamin D, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Anda cukup jalan-jalan pagi dan mendapat sinar matahari yang cukup untuk mendapatkan vitamin D sehingga tubuh tetap sehat.

Mengonsumsi telur ayam yang mana pun juga pilihan Anda. Jika telur ayam biasa saja sudah cukup sehat, Anda tak perlu bingung harus mencari telur dari ayam yang dilepas dari kandangnya.

loading...
loading...