Teripang Indonesia Jadi Primadona di Mancanegara


Pertanianku – Teripang adalah salah satu biota laut yang memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 11—12 inci telah lama diketahui dapat dikonsumsi. Bahkan, saat ini tingkat konsumsi teripang cukup tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Live Well Global (LWG) Bambang Muliana. Pasalnya, tingginya minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi teripang tersebut seiring dengan semakin kuatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat.

“Konsumsi teripang di tanah air sudah sangat tinggi, hal ini muncul seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat,” kata Bambang.

Bambang mengatakan bahwa selain diminati oleh penduduk lokal, teripang yang berasal dari Indonesia juga menjadi favorit di sejumlah negara asing seperti negara Singapura, Thailand, dan Cina.

“Mereka-mereka itu berebut minta teripang dari Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya tingginya permintaan dan konsumsi teripang pada saat ini sangat tidak terlepas dari cara konsumsi dan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat.

“Permintaan itu menunjukkan bahwa masyarakat internasional sudah disadarkan untuk hidup sehat. Di luar negeri, teripang-teripang itu selain dikonsumsi secara langsung, juga dijadikan bahan utama untuk minuman kesehatan,” lanjutnya.

Sebagai industri yang bergerak di bidang kesehatan, Bambang mengaku LWG juga memanfaatkan teripang sebagai bahan utama minuman kesehatan.

“Kami pun menciptakan produk dengan memanfaatkan khasiat teripang ini. Yaitu Chlorophyll Gamat, yang mempunyai demand tinggi karena mempunyai manfaat mencegah kanker,” papar Bambang.

Ia menambahkan bahwa dengan tingginya perhatian pemerintah di sektor laut pada saat ini, meyakinkan dirinya bahwa teripang Indonesia akan terus dibudidayakan. Selain itu, teripang semakin menjadi favorit dari sejumlah negara asing.

Baca Juga:  Foto Kuda Laut Ini Seketika Viral, Ada Apa Ya?
loading...
loading...