Terlalu Banyak Konsumsi Durian, Awas Terkena Risiko Ini!


Pertanianku – Buah yang biasanya banyak kita jumpai saat di penghujung tahun adalah durian. Ya, buah musiman satu ini memang biasanya akan panen pada penghujung tahun, yaitu Desember.

terlalu-banyak-konsumsi-durian-awas-terkena-risiko-ini

Sudah dipastikan saat ini, saat melewati jalan-jalan tertentu, Anda akan banyak menjumpai banyak pedagang durian di pinggir jalan bukan? Pada saat musim durian seperti sekarang, pasti banyak masyarakat beramai-ramai akan memburu buah yang terkenal memiliki aroma yang sangat tajam ini. Namun, tahukah Anda jika seseorang berlebihan mengonsumsi durian, terdapat risiko yang akan mengintai kesehatan. Terutama, bagi mereka yang memiliki riwayat kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Gejala yang biasa menjangkiti orang-orang yang tergolong mabuk durian antara lain leher panas dan nyeri di bagian kepala.

Menurut dr. Tirza Gwendoline Matulessyi, SpPD dari RS Evasari Jakarta, konsumsi durian yang berlebihan memang dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

“Kadar alkohol di dalam duren juga bisa berefek ke fatty liver, terutama jika orang mengonsumsinya benar-benar berlebihan,” ungkap sang dokter.

Fatty liver atau perlemakan hati kerap dialami oleh mereka yang kegemukan. Pada kondisi awal, penyakit ini tak menimbulkan gejala berarti, hanya meliputi perut tak nyaman atau begah.

Meski demikian, Tirza mengatakan bahwa jika seseorang menjalani pola hidup sehat dan seimbang, konsumsi durian terlebih saat sedang musim seperti ini, tidak akan menimbulkan masalah berarti.

“Kalau pola hidup bagus, tubuh sudah punya sistem kekebalan sendiri. Makanan yang dikonsumsi seimbang, olahraga teratur, itu kan hidup sehat,” tambah dr. Tirza.

Cara mencegah mabuk durian bisa diatasi dengan menenggak air yang telah dimasukkan ke bagian dalam rongga durian.

“Jadi, setelah makan durian, kulitnya jangan langsung dibuang. Isi dengan air minum lalu bisa langsung diminum untuk mencegah agar tidak mabuk,” tuturnya.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Selain menghindari mabuk, tips ini bisa sekaligus menghilangkan bau durian di mulut atau tangan Anda usai mengonsumsi durian.

Selain itu, Aji juga menganjurkan pembelinya untuk mengonsumsi buah manggis usai menyantap durian. Menurutnya, manggis bermanfaat sebagai penawar untuk mentralisir alkohol pada buah durian.

loading...
loading...