Ternyata, Ini Manfaat Daging Putih pada Semangka!

Pertanianku – Semangka merupakan buah yang banyak disukai masyarakat. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan air yang banyak. Tak hanya itu, kandungan vitamin pada semangka cukup lengkap.

Buah semangka biasanya hanya dimakan bagian daging buah yang berwarna merah saja. Sementara itu, daging berwarna putih yang menyatu dengan kulitnya yang berwarna hijau tua biasanya dibuang.

Sejatinya, justru daging yang berwarna putih itu yang mengandung khasiat dan manfaat besar. Bagian dari buah ini yang sering dianggap tidak berguna ini ternyata mengandung anti-oksidan yang punya faedah jitu bagi tubuh manusia.

Menilik kandungannya, daging putih buah ini mengandung beberapa nutrisi yang baik karena memiliki kandungan 1,8 kalori yang bermanfaat sekali untuk tubuh, serta mengandung 2 persen vitamin C dan vitamin B6. Khasiat kulit semangka ini baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, menambah daya tahan atau kekebalan tubuh, dan juga dapat untuk menjaga kesehatan pada sistem saraf.

“Daging buah semangka yang berwarna putih memang sangat baik untuk mencerahkan kulit. Selain bisa dikonsumsi langsung, bagian ini juga dapat membersihkan wajah. Selain untuk kecantikan kulit, daging buah yang berwarna putih juga bermanfaat untuk membersihkan ginjal dan kandungan air yang tinggi dapat memperlancar buang air kecil,” ucap Sutrisno, seorang pakar herbalis.

Sutrisno menuturkan, kandungan kalium dagingnya pun juga cukup tinggi dan berguna untuk memperlancar peredaran darah. Oleh karena itu, tidak heran, daging pada kulit buah baik untuk penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, mengobati sariawan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Mulai sekarang, selain mengonsumsi daging buah semangka, sesekali coba juga memanfaatkan daging kulitnya. Coba dan rasakan khasiatnya!

loading...
loading...