Ternyata Inilah Alasannya Kenapa Daun Kelor disebut Tanaman Ajaib


Pertanianku – Dalam pengobatan kuno India, daun kelor dianggap sakti karena bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Banyak masyarakat menilai pohon kelor memiliki energi magis yang cukup tinggi. Daun kelor juga dijuluki sebagai “miracle tree” oleh para ilmuwan.

Ternyata Inilah Alasannya Kenapa Daun Kelor disebut Tanaman Ajaib

Dalam bahasa Latin pohon kelor disebut Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daun pohon kelor ini berbentuk bulat lonjong dan ukurannya kecil-kecil tersusun rapi di sebuah tangkai. Tumbuhan ini biasanya tumbuh tinggi sekitar 7—11 meter dan memiliki bunga yang harum semerbak berwarna kekuning-kuningan, serta memiliki buah yang orang-orang biasa menyebut dengan nama kelenteng.

Tumbuhan ini sering sekali dimanfaatkan oleh masyarakat mulai dari batang daun serta buahnya. Berikut penjelasan manfaat dari pohon kelor yang perlu Anda tahu.

Pohon kelor ditanam untuk menjaga tanah agar tidak longsor karena air hujan dapat ditahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat. Dengan begitu, pohon dapat digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. Dan saat musim kemarau, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

Daun kelor biasanya dimasak sebagai sayur. Tahukah Anda jika bayi yang masih masa pertumbuhan sangat baik mengonsumsi daun kelor? Ini karena daun kelor mengandung potassium tiga kali lipat lebih baik daripada pisang, serta mengandung vitamin A yang empat kali lipat lebih banyak daripada wortel. Selain itu, daun kelor memiliki dua kali lipat protein dan kalsium yang lebih banyak daripada susu dan juga diketahui memiliki vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

Pohon kelor juga memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti berikut.

  • Mengobati sakit alergi.
  • Mengobati sakit herpes, luka bernanah, dan kurap.
  • Mengobati sakit sakit mata. Anda bisa mengambil tiga gagang pohon kelor lalu ditumbuk hingga halus dan beri air satu gelas. Aduk sampai merata, setelah itu diamkan sampai mengendap ampasnya. Gunakan airnya untuk tetes mata.
  • Daun kelor juga dapat mengobati sakit pegal linu, nyeri rematik.
Baca Juga:  Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!
loading...
loading...