Tips Beternak Bebek Skala Kecil

Pertanianku – Selain ayam, bebek merupakan salah satu komoditas ternak unggas yang laris di pasaran. Hal ini bisa dilihat dari jumlah permintaan akan bebek sangatlah tinggi. Terlebih saat ini banyak restoran dan warung pinggir jalan menyajikan menu olahan bebek.

tips-memulai-budidaya-bebek-skala-kecil

Bagi peternak pemula yang tertarik untuk beternak bebek, lakukanlah dalam skala kecil terlebih dahulu. Meskipun menjalankan usaha berskala kecil, terdapat beberapa aspek yang sama dengan beternak bebek dalam skala menengah ataupun besar. Ini demi kesuksesan usaha yang dijalankan.

Jika Anda sebagai pemula dalam bisnis, sebaiknya mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu sambil berjalannya waktu Anda dapat memahami manajemen beternak bebek dengan baik dan benar. Dalam budidaya ini dibutuhkan perencanaan menyangkut jenis yang akan kita budidayakan: apakah petelur atau pedaging. Kedua jenis ini memiliki risiko dan prospek yang berbeda dari segi bisnis dan analisis ekonomis.

Perlu dipahami mengenai skala dalam usaha ternak, dalam peraturan pemerintah telah diatur tentang skala  beternak ini baik sapi maupun unggas yang di dalamnya termasuk bebek. Kaitan dari skala usaha ternak budidaya ini dengan perencanaan adalah adanya aturan pemerintah yang mengatur bahwa usaha peternakan skala tertentu membutuhkan izin usaha. Adapun peraturan pemerintah yang mengatur tentang skala usaha budidaya ternak yang wajib izin ini adalah Keputusan Menteri Pertanian yang dikeluarkan dengan nomor 404/kpts/OT.210/6/2002. Peraturan ini juga berlaku untuk beternak bebek.

Jika Anda ingin membuka usaha budidaya ternak bebek atau itik yang kapasitasnya kurang dari 15.000 ekor, skala usaha Anda dikategorikan usaha yang tidak wajib izin. Itu berdasarkan aturan tadi. Namun demikian, berbeda daerah bisa saja berbeda perda yang diberlakukan. Setelah skala usaha beternak bebek sudah ditentukan, selanjutnya inilah persiapan untuk menjalankannya.

  • Menyiapkan kandang
  • Pemilihan bibit
  • Manajemen ternak
  • Pengetahuan menyangkut cara budidaya, penyakit-penyakit umum pada bebek dan juga cara mengatasinya untuk meningkatkan kesehatan.

Kandang untuk bebek yang ideal adalah 1 m2 maksimal diisi dengan 7 ekor. Jika kurang dari 7 ekor, akan lebih baik lagi. Selain itu, perhatikan kualitas bibit (DOD/day old duck). Jika Anda ingin membudidayakan bebek petelur, perbandingan bibit jantan dan betina yang baik adalah 2 : 1 (2 ekor betina berbanding satu ekor jantan). Ini untuk meningkatkan peluang produksi.

Manajeman ternak dapat Anda pelajari dari buku-buku praktis cara beternak bebek yang banyak dijual di toko buku. Inti dari manajemen budidaya adalah kebiasaan sang peternak atau pengelola kandang.

loading...
loading...