Tips Jitu Beternak Burung Walet dengan Benar


Pertanianku – Walet adalah salah satu jenis burung yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Sarang burung walet yang berasal dari air liurnya merupakan komoditas ekspor bernilai jual tinggi. Oleh karena itu, banyak orang tertarik untuk beternak burung walet.

Tips Jitu Beternak Burung Walet dengan Benar

Banyak orang membangun gedung sebagai tempat bersarang burung walet. Mereka berharap mendapatkan hasil melimpah dari sarang walet.

Walet memiliki ciri fisik khusus. Burung ini berwarna gelap, kecepatan terbangnya luar biasa, memiliki sayap yang berbentuk sabit serta runcing.

Untuk memelihara walet ada persiapan khusus. Berikut beberapa persiapan dimaksud.

Menentukan lokasi kandang walet

  • Tempat yang cocok untuk beternak burung walet berada di dataran rendah dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.
  • Lokasi yang Anda pilih harus jauh dengan burung-burung pemangsa daging.
  • Pemilihan lokasi sebaiknya sedikit jauh dari perkembangan masyarakat serta kemajuan teknologi.
  • Daerah yang cocok adalah jauh dari kebisingan. Habitat asli burung walet ialah di goa yang jauh dari suara bising.
  • Daerah yang dirasa paling tepat untuk burung walet bersarang ialah pantai, danau, rawa-rawa, atau sungai.

Untuk bentuk kandang, lebih baik Anda menyulapnya seperti bentuk asli walet bersarang. Anda bisa menggunakan gedung yang berukuran 10 × 20 m. Untuk bagian tembok, sebaiknya tertutup oleh plester. Jangan lupa memberikan sedikit ventilasi udara. Anda juga harus mengatur suhu kandang. Suhu kandang umumnya ialah 26 derajat Celsius, serta lembap. Akan lebih baik atap yang Anda gunakan terbuat dari genting. Sulaplah gedung tersebut menjadi lebih gelap, dengan warna tembok yang kehitam-hitaman.

Hama serta penyakit yang harus Anda waspadai ketika beternak walet:

  • Tikus, hama ini akan memakan telur walet. Tidak jarang tikus akan memakan sarang walet. Tikus juga akan mendatangkan bau yang kurang sedap dari kencing dan kotorannya.
  • Kecoa, binatang yang satu ini akan memakan sarang walet. Untuk memberantas hama yang satu ini, Anda bisa menyemprotkan insektisida. Selain itu, Anda bisa meningkatkan kebersihan kandang.
  • Semut api, semut ini akan memakan anak-anak walet. Semut api akan mengganggu walet saat sedang bertelur.
  • Tokek,hewan ini akan memakan sarang serta telur walet. Seringkali ia juga mengeluarkan kotoran yang akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
Baca Juga:  Jangan Salah! Ada Makanan Sehat yang tidak Benar-benar Menyehatkan

Pakan burung walet sangat mudah. Anda juga bisa menambahkan vitamin-vitamin. Untuk proses pemanenan sarang walet, tidak terlalu lama. Anda bisa memanen sarang ini kurang lebih 4 kali dalam setahun. Untuk proses pemanenannya, Anda bisa menggunakan teknik seperti rampasan, yaitu dengan merampas sarang. Selain itu, dengan teknik buang telur, yaitu membuang sarang. Ada pula dengan menggunakan teknik penetasan, menunggu telurnya menetas terlebih dulu.

loading...
loading...