Tips Jitu Memilih Benih Ikan Lele Berkualitas

Pertanianku – Pada budidaya ikan lele, mendapatkan benih lele yang berkualitas menjadi faktor yang menentukan keberhasilan budidaya ikan lele itu sendiri. Pasalnya, jika salah dalam memilih benih ikan lele, usaha budidaya ikan lele dapat mengalami kegagalan.

Tips Jitu Memilih Benih Ikan Lele Berkualitas

Ada beberapa kriteria penting untuk memilih benih ikan lele yang berkualitas baik. Berikut kriteria dimaksud.

Untuk mendapatan benih ikan lele, Anda dapat membelinya di balai pembudidayaan benih yang telah mendapatkan izin sertifikasi cara pembenihan ikan yang dinilai baik. Hal semacam ini berguna untuk memastikan benih berasal dari indukan ikan lele yang berkualitas. Tentunya pembudidaya juga sudah menerapkan cara-cara pembenihan ikan yang tepat dan baik. Dengan begitu, benih ikan lele yang Anda dapatkan juga terjamin kualitasnya.

Dari segi fisik, benih ikan lele yang berkualitas tentu memiliki ukuran tubuh yang sempurna, baik itu ukuran tubuh maupun kepala yang seimbang, tidak terdapat cacat, tidak terdapat luka, sungut benih lele tidak pucat dengan warna tubuh yang mengkilap serta cerah. Selain itu, ciri-ciri lainnya adalah memiliki gerakan lincah, aktif serta tidak menggantung ataupun menggerombol pada pojok kolam. Ikan yang terlihat malas atau lamban menunjukkan ada masalah pada kesehatan ataupun fisiknya.

Selanjutnya, dalam memilih benih ikan lele perlu diperhatikan aspek keseragaman dari ukuran benih. Seringkali ditemui ukuran benih lele yang justru tidak seragam. Padahal, kondisi tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan ikan lele tidak sama rata. Jika merasa lapar, ikan lele berukuran lebih besar akan memangsa ikan lele yang lebih kecil. Oleh karena itu, jika kondisi pertumbuhan ikan lele yang Anda budidayakan tidak serentak, akan menjadikan usaha Anda menjadi gagal panen. Ini karena selain berkurangnya hasil panen akibat kanibalisme, juga ukurannya tidak seragam/sama.

loading...
loading...