Tips Jitu Mempersiapkan Kucing Siap Kontes


PertaniankuCat show (kontes kucing) merupakan salah satu acara yang selalu dinantikan oleh para pecinta dan pemilik kucing. Biasanya, kontes kucing diadakan diikuti oleh para pecinta kucing seperti peternak kucing yang telah profesional (cattery) ataupun seseorang yang memelihara kucing.

tips-jitu-mempersiapkan-kucing-siap-ikut-kontes-kucing

Biasanya, cattery akan secara rutin mengikutsertakan kucing ternaknya pada setiap kontes bergengsi dan telah tersertifikasi untuk meningkatkan nilai jual kucing nantiya. Terlebih kucing ras (pedigree). Hal ini bertujuan untuk membuktikan eksistensi cattery tersebut serta dapat menghasilkan anakan yang memiliki potensi sebagai champion.

Banyak cattery di Indonesia yang telah teregistrasi pada asosiasi kucing di Indonesia yang telah diakui dunia seperti Indonesia Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), Cat Fanciers Society Indonesia (CFSI-CFA Club).

Para pemilik cattery tentunya telah mengetahui seluk beluk dunia kucing dan jenis-jenis kontes kucing. Namun, bagi Anda yang masih baru dan belum pernah mengikutsertakan kucing Anda dalam kontes, berikut beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk mengikuti kontes.

Mengetahui kriteria penilaian

Pada prinsipnya kucing yang mengikuti kontes akan digolongkan pada dua kelas, yaitu pedigree dan nonpedigree. Kriteria penilaian untuk kedua kelas tersebut amatlah berbeda sehingga Anda perlu mempersiapkan dengan baik seperti kelengkapan sertifikat untuk kelas pedigree.

Terdapat beberapa lomba pula yang menonjolkan penilaian terhadap aksesoris yang digunakan kucing misalnya pada perlombaan fashion cat show. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan aksesoris dan kostum yang tetap nyaman bagi kucing Anda.

Penilaian umum yang dilakukan terhadap kucing pedigree didasarkan kepada standar ras kucing tersebut. Penilaian kucing nonpedigree termasuk kucing domestik dilakukan terhadap kondisi fisik, kebersihan, keindahan, dan personality (temperamen dan performa).

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Mempersiapkan kondisi kesehatan

Cat show merupakan tempat bertemunya kucing Anda dengan banyak kucing lainnya. Oleh karena itu, Anda harus melengkapinya dengan vaksinasi. Tidak boleh terdapat parasit. Periksakan kucing Anda ke dokter hewan sebelum mengikuti kontes agar dipastikan kondisi kesehatannya. Anda tidak ingin bukan setelah mengikuti kontes, kucing Anda menjadi sakit. Sebaiknya, dalam jangka waktu 14 hari Anda tidak mengikuti dua jenis cat show karena akan berbahaya bagi kucing Anda.

Menjaga kebersihan dan kerapihan

Kucing Anda perlu dimandikan beberapa hari sebelum cat show, kuku perlu dipotong, serta rambut-rambut dirapikan. Kebersihan merupakan salah satu kriteria penilaian penting saat cat show.

Mempersiapkan perlengkapan

Perlengkapan untuk show perlu Anda persiapkan dengan baik seperti membawa tempat minum, tempat makan, tisu, kapas, peralatan grooming (brush, nail clipper), litter box, dan pasir. Peralatan yang digunakan oleh kucing dilakukan disinfeksi terlebih dahulu agar tidak mencemari tempat show dan kucing lainnya.

loading...
loading...