Tips Jitu Mengatasi Kutu Anjing

0

Pertanianku – Anjing merupakan salah satu hewan peliharan yang memiliki bulu. Tahukah Anda hewan yang memiliki bulu akan sangat rentan terkena kutu? Kutu pada anjing seringkali membuatnya merasa gatal dan terus menggaruk. Kutu anjing hidup seperti parasit yang menghisap darah anjing.Tips Jitu Mengatasi Kutu Anjing

Anjing yang memiliki banyak kutu di tubuhnya biasanya lama-kelamaan akan menjadi kurus, lesu, tidak suka makan sehingga rentan terkena penyakit. Tentunya Anda tidak ingin anjing kesayangan dihinggapi kutu bukan? Untuk mencegahnya, Anda harus rutin membersihkan dan memandikannya untuk mencegah anjing terserang kutu. Bagi Anjing yang sudah terkena kutu, dapat disembuhkan dengan obat. Setelah kutu hilang, lakukan perawatan agar kutu anjing tidak kembali lagi. Berikut cara perawatan anjing yang terserang kutu.

  • Mandikan anjing dengan sampo antikutu khusus anjing

Cara menghilangkan kutu anjing yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan sabun atau sampo antikutu. Pastikan Anda memilih sabun atau sampo antikutu yang memang diformulasikan untuk anjing.

Cara menghilangkan kutu anjing dengan sampo atau sabun antikutu, yaitu saat memandikan anjing gunakan air hangat, basahi seluruh tubuh anjing. Setelah itu, oleskan sampo atau sabun anjing antikutu. Gosok-gosok hingga busanya merata ke seluruh tubuh. Diamkan busa pada tubuh anjing sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Sampo antikutu untuk anjing biasanya mengandung zat piretin yang efektif membunuh kutu dan larva kutu.

  • Gunakan bedak kutu khusus anjing

Selain menggunakan sabun atau sampo antikutu khusus anjing, Anda dapat pula mencoba menggunakan bedak untuk membersihkan kutu pada kulit dan bulu anjing. Cara menghilangkan kutu anjing menggunakan bedak antikutu, yaitu hanya dengan menaburkan pada tubuh dan bulu anjing secara merata. Bedak antikutu akan membuat kutu menjadi tidak betah dan bahkan mati. Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda harus mengetahui cara penggunaannya dengan tepat.

  • Gunakan suntik kutu pada dokter hewan

Cara menghilangkan kutu anjing yang cukup efektif tetapi tidak disarankan pemakaiannya adalah suntik antikutu. Suntik kutu anjing menggunakan formula obat atau racun antikutu yang disuntikkan pada tubuh anjing sehingga kutu yang menggigit dan menghisap darah anjing menjadi mati. Banyak dokter dan petshop yang tidak menganjurkan cara ini karena mencampuri darah anjing dengan obat atau racun. Menggunakan suntik antikutu pada anjing yang sedang hamil juga berisiko tinggi membunuh bayi anjing di dalam kandungan.

loading...
loading...