Tips Jitu Mengolah Daging Bebek dengan Benar


Pertanianku – Bebek merupakan salah satu unggas yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, bahkan menjadi favorit banyak keluarga. Berbagai macam olahan bebek siap memanjakan lidah Anda. Terlebih saat ini banyak restoran atau rumah makan pinggir jalan yang menyajikan menu bebek. Mulai dari bebek goreng, bebek panggang, rending bebek, bebek peking, dan masih banyak lainnya.

tips-jitu-mengolah-daging-bebek-dengan-benar

Berbeda dengan dulu, tidak banyak orang yang berminat mengolah daging bebek karena aromanya cenderung lebih amis dan lebih keras dibanding daging ayam atau jenis unggas lain. Namun, seiring semakin modernnya cara mengolah makanan, daging bebek kini bisa menjadi salah satu menu bergengsi dan banyak diminati masyarakat.

Berbagai macam olahan daging bebek bisa dibuat di rumah oleh ibu-ibu rumah tangga. Walaupun untuk mengolahnya terbilang lebih sulit daripada mengolah daging ayam, daging bebek bisa menjadi menu favorit Anda beserta keluarga.

Untuk mengolah daging bebek agar tidak berbau amis ketika dimasak, Anda perlu merendam bebek terlebih dahulu dengan air jeruk nipis sebelum diolah. Lakukan perendaman ini selama kurang lebih dua jam. Jika Anda tidak terburu-buru memasaknya, lebih baik didiamkan seharian.

Selain merendam bebek dalam air jeruk nipis, cara lain yang memengaruhi rasa adalah umur bebek yang dagingnya diambil. Semakin tua seekor bebek, dagingnya akan semakin alot dan lebih amis. Jadi, jika ingin memasak bebek, selain bumbu, umur bebek juga harus diperhatikan karena akan memengaruhi empuk atau tidaknya daging.

Bebek memiliki serat yang lebih kasar serta daging yang lebih basah dibanding daging ayam. Jadi, untuk mengolah bebek memang diperlukan pengetahuan tentang tekstur dagingnya. Kalau tidak, akan sulit mendapatkan rasa yang benar-benar enak.

Baca Juga:  Waspada, Salah Mengolah Daging Kambing Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Sejatinya, berbagai menu berbahan dasar daging bebek bisa dibuat, misalnya bebek goreng madura yang terkenal, bebek panggang yang cocok dikonsumsi bersama lalapan, rendang bebek yang semakin mantap dikonsumsi dengan nasi hangat yang masih mengepulkan asap, atau bebek peking panggang yang disajikan dengan mengirisnya tipis.

Ada juga bebek rica-rica dan bebek goreng penyet bagi penyuka rasa yang lebih pedas. Khusus untuk menu rendang bebek, diperlukan kecermatan dalam memilih bahan mentahnya. Sebab, proses pembuatan rendang ini cukup lama.

loading...
loading...