Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot


Pertanianku – Bagi Anda pecinta seafood pasti sangat kenal dengan cumi-cumi. Cumi-cumi merupakan seafood atau makanan laut yang sangat populer saat ini. Tidak heran menu cumi-cumi banyak diburu pecinta kuliner. Pasalnya, cumi-cumi memiliki rasa yang lezat dan menggoyang lidah.

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot

Cumi-cumi bisa diolah jadi berbagai macam menu yang sangat lezat dan menggugah selera. Olahan cumi-cumi beraneka ragam seperti goreng, tumis, bakar, dan lain sebagainya.

Sayangnya, cumi-cumi akan jadi alot dan susah dimakan apabila terlalu lama dimasak. Ini karena kandungan protein yang sangat banyak di dalamnya. Oleh karena itu, perhatikan betul waktu dan cara memasaknya. Lantas, seberapa lamakah waktu yang ideal untuk memasak cumi-cumi agar tidak alot?

Waktu paling ideal untuk memasak cumi sebenarnya adalah 3 menit saja. Jika lebih dari 3 menit, cumi-cumi biasanya akan jadi terlalu kenyal seperti karet. Jika memang sudah telanjur terlalu lama dimasak, kita bisa menyiasatinya dengan memasak cumi-cumi lebih lama lagi, selama kurang lebih 30 menit agar dagingnya bisa jadi empuk kembali. Jika dimasukkan ke air mendidih, cukup rebus cumi selama 1 menit saja.

Selain itu, ada satu trik lagi yang bisa Anda coba untuk membuat daging cumi-cumi tidak alot. Setelah merebus, secepat mungkin masukkan daging cumi-cumi ke air dingin. Ini akan membuat daging empuk dan tidak alot.

Baca Juga:  Ternyata Ini yang Menyebabkan Ikan Jadi Beracun!
loading...
loading...