Tips Memasak Nasi Ini Dapat Menurunkan Kalori Hingga 50%


Pertanianku – Di Indonesia, nasi merupakan makanan pokok untuk seluruh masyarakatnya. Pasalnya, nasi adalah sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan manusia. Tanpa karbohidrat badan akan terasa lemas saat beraktivitas.

Tips Memasak Nasi Ini Dapat Menurunkan Kalori Hingga 50%

Saat ini, banyak orang semakin sadar akan dampak buruk nasi yang dikonsumsi, khususnya pada nasi putih. Ini karena setelah dimakan, pati dalam nasi putih bisa berubah menjadi gula dan akhirnya memberikan kontribusi untuk lemak tubuh. Namun, jangan khawatir jika dimasak dengan benar, kalori yang terkandung dalam nasi bisa berkurang sebanyak 50%. Bagaimana tekniknya?

Peneliti di Sri Lanka, Sudhari James bersama mentornya, telah menemukan cara baru memasak nasi. Bukan hanya akan membuatnya rendah kalori, melainkan juga menawarkan manfaat tambahan. Ada beberapa langkah tips memasak nasi sederhana yang dapat Anda lakukan.

Pertama, rebus air dalam panci. Sebelum memasukkan beras yang sudah dicuci bersih, tambahkan minyak kelapa terlebih dahulu. Perlu diingat, bahwa jumlah minyak kelapa harus 3% dari beras yang ingin Anda masak.

Misalnya, untuk setengah cangkir beras tambahkan satu sendok teh minyak kelapa. Lalu masukkan beras hingga matang. Setelah selesai dimasak, dinginkan nasi di kulkas selama hampir 12 jam sebelum Anda makan.

Panaskan nasi ke dalam microwave saat Anda ingin memakannya. Pasalnya, tidak semua pati dalam nasi berubah menjadi glukosa. Ada pati yang lebih cepat dicerna tubuh yang menyebabkannya berubah menjadi glukosa dan kemudian menjadi glikogen.

Glikogen inilah yang bisa menjadi masalah dalam tubuh jika disimpan lebih lama. Untuk menyingkirkannya, kita perlu membakar energi yang cukup. Namun, pati resisten diproses dengan durasi lebih lama di dalam tubuh. Mereka tidak bisa berubah menjadi glukosa atau glikogen karena tubuh kekurangan fungsi untuk mencerna mereka. Jadi, pati resistenlah yang membuat kalori dalam nasi putih lebih sedikit.

Baca Juga:  Subsidi di Sektor Beras Jadi Prioritas Kementan Saat Ini

Cara memasak dengan teknik ini bisa membuat pati resisten semakin kurang dicerna oleh tubuh. Jadi, cobalah untuk menyeimbangkan beras dengan minyak kelapa sebelum memasak nasi. Minyak menyebabkan perubahan arsitektur pati dalam beras dan mendinginkannya selama 12 jam di kulkas bisa membantu meningkatkan konversi pati.

loading...
loading...