Tips Memberikan Pakan Buatan untuk Anakan Ikan Gurami


Pertanianku – Dalam pemberian pakan gurami, seorang peternak harus memerhatikan jenis pakan yang diberikan. Maksudnya, pakan haruslah disesuaikan dengan usia perkembangan ikan itu sendiri.

Tips Memberikan Pakan Buatan untuk Anakan Ikan Gurami

Selain itu, pemberian pakan juga harus memerhatikan kedalaman air dan klasifikasi benih ikan tersebut. Untuk gurami, biasanya pakan yang diberikan adalah pakan buatan. Komposisi pakan buatan akan lebih banyak bila dibandingkan dengan pakan alami. Hal ini dikarenakan pakan buatan lebih praktis dan pasokannya tidak tergantung waktu. Beda halnya dengan pakan alami yang ketersediaannya tidak menentu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pakan buatan untuk anak gurami.

  1. Pakan untuk anakan dan gurami dewasa tentu saja berbeda. Benih gurami lebih suka memakan larva serangga seperti bangsa udang-udangan, zooplankton, sampai cacing sutra. Sementara itu, ikan gurami dewasa lebih suka memakan tumbuhan yang tumbuh di air atau tumbuhan air.
  2. Pemberian makanan dari tumbuhan atau pakan alami saja belum mencukupi kebutuhan gizi gurami. Oleh karena itu, sebagian pembudidaya memberikan pakan buatan atau disebut dengan pelet selain pakan alami. Mengapa mereka lebih cenderung memberikan pakan buatan dan bukan alami? Alasannya, pakan buatan lebih praktis dan lebih terukur takarannya daripada pakan yang alami.
  3. Selain itu, ada hal yang peru diperhatikan mengenai jenis makanan/pakan atau pelet ketika akan membudidayakan gurami ini, yaitu sifat biologis ikan itu sendiri.
  4. Sifat biologis gurami yang harus diperhatikan adalah kebiasaan makan dan waktu aktifnya memakan pakan yang diberikan. Akan lebih bagus jika memberikan makan pada waktu ikan gurami tersebut sedang aktif makan sehingga hasilnya akan lebih baik lagi.
Baca Juga:  Apa itu Molase Black Strap? Yuk Cari Tahu!
loading...
loading...