Tips Mengatasi Penyakit pada Ayam Bangkok

0

Pertanianku – Bagi para peternak, penyakit merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi dalam membudidayakan ayam bangkok ataupun ternak lainnya. Masalah penyakit ini apabila tidak ditangani akan mengakibatkan penurunan kualitas dan lebih fatalnya malah dapat mengakibatkan kematian.

Tips Mengatasi Penyakit pada Ayam Bangkok

Untuk mengatasi penyakit pada ayam bangkok perlu terlebih dahulu mengetahui gejala atau ciri yang menandakan penyakitnya. Jika sudah mengetahui, baru langsung ambil tindakan untuk menanganinya langsung. Berikut penyakit yang sering menyerang ayam bangkok dan pengendaliannya.

Penyakit tetelo

Jenis penyakit ini disebabkan oleh virus yang sangat berbahaya dan akan meningkatkan risiko kematian ayam.

Gejala

Jika ayam terserang tetelo, tubuhnya akan lemah, nafsu makan berkurang, bulu kusam, pilek, dan bagian mulut berlendir.

Pengendalian

Melakukan pemisahan terhadap ayam yang terkena tetelo dapat dilakukan sebagai pengendalian jenis penyakit ini. Selain itu, berikan ramuan atau obat herbal berupa daun pepaya, gula jawa, dan temulawak dengan cara merebusnya.

Penyakit kolera (berak hijau)

Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Kolera merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian pada ayam bangkok.

Gejala

Apabila ayam sudah terserang, kotoran ayam akan berwarna hijau, sayap menggantung, nafsu makan berkurang, pilek, dan bagian mulut juga berlendir.

Pengendalian

Untuk pengendalian dapat dilakukan dengan menggunakan larutan koleridin atau obat herbal dari daun pepaya dan temuireng yang sudah direbus.

Penyakit fox (cacar unggas)

Jenis penyakit ini disebabkan oleh virus. Cacar unggas ada 2 tipe, yaitu basah dan kering.

Gejala

Jika terserang, wajah ayam akan tumbuh kutil, bisul, dan menyebabkan muka tidak beraturan.

Pengendalian

Penyakit ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak tanah atau salep kulit ke kutil atau bisul yang timbul pada ayam.

Penyakit snot

Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Penyakit snot sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian serta menurunkan kualitas ayam bangkok.

Gejala

Jika ayam terserang snot, akan menimbulkan pembengkakan pada anus, nafsu makan berkurang, bulu kusam, dan pilek.

Pengendalian

Larutan amplikol yang dicampur dengan pakan dan minuman ayam dapat mengatasi penyakit snot. Selain itu, bisa juga menggunakan obat herbal dari pinang dan ramuan jamu.

loading...
loading...