Tips Mengolah Sayuran Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Pertanianku – Sayuran terkenal akan kandungan serat, vitamin, dan juga mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi, cara pemasakan yang salah justru akan membuat kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran justru berkurang. Berikut ini beberapa tips mengolah sayuran agar nutrisinya tidak hilang.

Tips Mengolah Sayuran Agar Nutrisinya Tidak Hilang

  1. Memasak dari awal dan membuang cairan

Kacang kering merupakan beberapa makanan yang mengandung phytonutrien. Kacang dalam kemasan kaleng lebih banyak mengandung anti-oksidan daripada kacang kering. Oleh karena itu, jangan membuang cairan yang ada dalam kacang kalengan. Sebab, beberapa zat gizi yang larut air akan ikut terbuang jika Anda membuang airnya.

  1. Membeli brokoli bukan dalam bentuk utuh

Salah satu studi menemukan bahwa setelah 10 hari brokoli dipanen dan sampai ke supermarket, brokoli akan kehilangan 75% dari flavonoid. Pemotongan brokoli ke dalam kuntum dapat membuat brokoli kehilangan anti-oksidan. Oleh karena itu, Anda harus membelinya dalam keadaan segar. Selain itu, Anda juga wajib memasaknya segera mungkin dengan hanya memotong sedikit bagian batangnya.

  1. Memotong wortel sebelum direbus

Memasak wortel utuh dan memotong mereka saat sudah matang membuat wortel lebih kaya nutrisi. Jika hendak merebusnya, sebaiknya gunakan sedikit air dan tutup panci agar nutrisi tidak hilang bersama uap air.

  1. Mengupas mentimun

Ketika mengupas mentimun, berarti Anda juga sudah mengupas nutrisi (serat dan vitamin A) yang justru membuat sayuran sehat. Saat Anda mengonsumsi mentimun, sebaiknya cukup mencuci dan makan bersama kulitnya tanpa dikupas.

loading...
loading...