Tips Mudah Mengatasi Kerontokan Bulu Hamster

0

Pertanianku – Hamster adalah hewan mungil yang banyak dipelihara masyarakat. Pasalnya, hewan satu ini memiliki wajah sangat menggemaskan. Tidak heran banyak orang menyukainya, terutama anak-anak. Hewan lucu dan mungil ini tidak hanya menjadi hewan peliharaan saja, tetapi hamster memiliki peluang usaha menarik untuk diternak. Prospek inilah yang membuat masyarakat banyak membudidayakannya. Namun, bagi para pemelihara hamster yang masih tergolong pemula, terkadang belum begitu tahu apa saja masalah yang bisa terjadi pada hamster menyangkut kesehatannya.

tips-mudah-mengatasi-kerontokan-bulu-hamster

Salah satu masalah kesehatan pada hamster adalah bulu rontok. Ada beberapa penyebab bulu hamster rontok seperti faktor usia, alergi, kekurangan vitamin, dan terserang kutu. Dari faktor tersebut, kebanyakan yang menjadi penyebab kerontokan adalah usia hamster yang sudah menua.

Berikut cara mudah mengatasi bulu hamster yang rontok.

  1. Usia hamster

Salah satu penyebab kerontokan bulu pada hamster bisa dari umurnya. Ini karena hamster yang sudah tua (berumur sekitar 2 tahunan) pasti akan mengalami kerontokan bulu. Sebenarnya, hal ini memang wajar dan alami. Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan asupan vitamin yang seimbang agar bulunya tersebut bisa tumbuh lagi seperti semula.

  1. Alergi

Makanan bisa menyebabkan alergi pada hamster tertentu. Biasanya makanan untuk hamster yang bisa menyebabkan alergi berasal dari serbuk kayu pinus atau cedar.

  1. Kekurangan vitamin

Hamster yang kekurangan vitamin akan berdampak pada kesehatannya yang bisa berakibat kerontokan bulu. Vitamin yang berperan dalam pembentukan bulu ialah vitamin E. Jadi, usahakan hamster Anda terpenuhi vitamin tersebut. Vitamin E bisa Anda dapatkan di apotik. Sebaiknya, berikan vitamin E dalam bentuk cair, satu tetes setiap 2 hari sekali.

  1. Terjangkit kutu

Bila hamster sampai memiliki kutu, pastinya ia akan merasa tidak nyaman, kemudian merasa gusar dan menggaruk tubuhnya. Hal ini akan menyebabkan bulu rontok. Untuk mengatasinya, bisa diberikan obat antikutu dengan dosis yang sudah ditentukan.

loading...
loading...