Tips Pintar Memilih Buah Semangka yang Manis


Pertanianku – Semangka merupakan buah yang banyak disukai masyarakat. Ini karena semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak. Tak hanya itu, kandungan vitamin semangka cukup lengkap.

ingin-tubuh-ideal-yuk-konsumsi-air-semangka-dan-mentimun

Terkadang terdapat kendala saat kita ingin membeli semangka. Mungkin banyak di antara kita yang pernah tertipu saat membeli semangka. Seringkali kita melihat semangka warnanya bagus, besar, tapi ketika dimakan ternyata rasanya hambar.

Supaya saat membelinya Anda tak salah lagi dalam memilih semangka, ada cara mudah memilih semangka manis, yakni dengan melihat beberapa ciri yang menandakan bahwa buah semangka sudah matang sempurna. Berikut penjelasannya.

  • Pilih tanda kuning

Semakin banyak spot kuning pada semangka, semakin baik. Perlu diketahui, spot kuning bisa jadi petunjuk bahwa semangka sudah matang. Biasanya, tanda ini ada pada bagian bawah semangka.

  • Memanjang atau bulat

Ada dua bentuk umum pada buah semangka, yakni semangka lonjong atau semangka bulat. Perlu diketahui, semangka yang bentuknya bulat rasanya lebih manis. Sementara itu, yang agak lonjong lebih mengandung banyak air.

  • Pilih buah yang ada scratch-nya

Buah semangka yang memiliki tanda scratch atau sedikit lebam berwarna abu-abu atau cokelat menandakan bahwa bunga pada waktu semangka belum berkembang kerap disinggahi lebah. Ini yang memberi tanda pada kulit semangka, semakin banyak tanda akan semakin manis rasanya.

  • Pilih tangkai semangka yang kering

Semangka yang sudah matang dan manis, sisa potongan tangkai batangnya terlihat kering. Jika masih agak gemuk dan hijau, itu menandakan semangka dipetik terlalu cepat dan belum waktunya.

Ukuran besar tak jadi penentu semangka manis. Ukuran semangka tak jadi penentu bahwa rasanya manis. Lebih baik pilih buah semangka ukuran sedang, tetapi berat.

Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya
loading...
loading...