Tips Praktis Membuat Kimchi

0

Pertanianku – Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Korea Selatan. Di zaman dulu, di Korea Selatan kimchi diucapkan sebagai chim-chae yang berarti sayuran yang direndam. Kimchi adalah jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi, yaitu sawi putih dan lobak. Di Indonesia banyak masyarakat penasaran untuk mencoba makanan khas negeri ginseng tersebut.

Tips Praktis Membuat Kimchi

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain. Berikut tips praktis membuat kimchi.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan

  1. Bahan

– 1 kg sawi putih

– 2 lt air

– ½ kg garam kasar

  1. Bumbu

– ½ sdt garam

– ½ sdm penyedap rasa

– 1 sdm gula pasir

– 250 gr cabai merah besar giling

– 100 ml melci jot (minyak ikan teri khas Korea)

– 5 siung bawang putih, haluskan

– ½ sdt biji wijen sangrai

Cara pembuatannya:

  • Campur sawi, air, dan garam kasar selama 2 jam atau hingga sawi terlihat layu. Angkat sawi dan cuci dengan air bersih agar tidak terlalu asin. Tiriskan hingga air hilang.
  • Campur semua bumbu, aduk rata. Lumuri sawi dengan bumbu, diamkan selama 4 jam.
  • Setelah 4 jam, masukkan sawi dalam wadah kedap udara dan simpan selama 4 hari untuk proses fermentasi. Potong-potong dan sajikan sebagai menu pembuka.
loading...
loading...