Tujuh Manfaat Mengonsumsi Srikaya Secara Rutin

0

Pertanianku – Srikaya termasuk dalam daftar buah eksotis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah srikaya dipercaya mempunyai kandungan gizi yang melimpah seperti vitamin C dan kaya akan anti-oksidan. Buah satu ini bertekstur keras pada bagian luarnya, tapi daging buahnya sangat lembut dan rasanya manis ketika matang.

Selain mengandung vitamin C, srikaya tinggi akan kalsium, magnesium, besi, niasin, dan potasium yang bisa memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat srikaya untuk kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Srikaya sangat kaya akan serat dan tembaga yang penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam srikaya akan memperlancar sembelit yang selama ini mengganggu.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Srikaya merupakan sumber vitamin C yang sangat kuat sehingga makan buah ini baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menghancurkan radikal bebas yang ada dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan vitamin B kompleks dalam srikaya bisa membantu menurunkan stres, depresi, dan emosi yang ada di dalam otak. Selain itu, sel otak jadi lebih sehat ketika Anda rajin makan srikaya.

  1. Menyembuhkan infeksi kulit

Menurut penelitian, rajin makan buah srikaya membantu untuk meregenerasi sel dalam lapisan kulit, membantu dalam pembentukan tulang rawan, tendon, serta ligamen, dan juga mempercepat penyembuhan infeksi di kulit.

  1. Mendukung kesehatan kehamilan

Buah srikaya terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, otak, dan sistem kekebalan tubuh janin secara efektif. Bahkan, makan buah ini mampu meminimalkan risiko keguguran, kelahiran bayi prematur, hingga nyeri saat persalinan.

  1. Mempertajam penglihatan

Buah srikaya yang dikemas dengan vitamin A, B2, C, serta riboflavin membantu untuk menghancurkan radikal bebas dan beberapa masalah serta alergi.

  1. Antikanker

Beberapa ramuan herbal yang dijual di pasaran mengandung ekstrak srikaya di dalamnya. Sebab, srikaya mengandung acetogenin dan alkaloid yang bisa membunuh sel kanker.

loading...
loading...