Unik, Selai Apel Biru dari Jepang

0

Pertanianku — Selai umumnya terbuat dari buah dan mempunyai warna yang sama dengan bahan pembuatnya. Misalnya, selai nanas akan berwarna kuning, stroberi untuk warna merah dan kacang tanah untuk cokelat muda.

Selai Unik Apel Biru dari Jepang

Kini terdapat selai apel berwarna biru safir. Adalah JT & Associates, sebuah perusahaan di Jepang yang memproduksi selai tersebut. Oleh karena warnanya tidak lazim, orang-orang mengira selai tersebut menggunakan bahan pewarna makanan buatan.

Pihak produsen mengklaim bahwa proses pembuatan selai apel biru tidak menggunakan bahan pewarna makanan kimia berbahaya. Mereka mengaku menggunakan anchan atau butterfly pea, tanaman asal Thailand sebagai pewarna makanan. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama telang.

Dilansir dari RocketNews24, produsen selai asal Prefektur Aomori ini menciptakan selai apel biru sebagai bagian dari produksi ragam makanan dengan warna serupa. Mereka akan membuat ragam makanan dari anchan tidak hanya untuk meningkatkan produksi salah satu provinsi Jepang ini, tetapi juga ikut mempromosikan herbal dari Thailand tadi.

Prefektur Aomori dikenal sebagai salah satu sentra produksi apel terkemuka di Jepang. Produksi apel yang berlimpah di prefektur itu kemudian menjadi awal munculnya ide selai apel biru. Selai unik berwarna biru safir ini didistribusikan oleh Aomori Shojiki Mura. Kelompok yang seperti kelompok tani di Indonesia ini khusus menjual produk lokal Aomori.

Umumnya, selai dipadukan dengan roti tawar. Namun, selai apel biru diolah menjadi beberapa sajian hidangan makanan seperti yogurt dan teh.

Anda dapat membeli selai apel biru secara daring (online) melalui Village Vanguard. Selai ini dijual dengan dua kemasan, yaitu ukuran besar seharga US$12,7 (setara Rp168 ribu) dan botol kecil seharga US$8,48 (sekira Rp112 ribu).

Anchan atau telang sebagai bahan campuran pada selai apel biru, sebenarnya tidak asing penggunaannya di Indonesia. Tidak jauh dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), sebuah gerai telah menjual teh telang dan produk lainnya dari beberapa tahun lalu.

loading...
loading...