Usaha Budidaya Buncis Mini Menjanjikan


Pertanianku – Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki peluang pasar luas dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, tak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Apalagi dengan mulai berkembangnya jenis-jenis baru seperti buncis perancis.

usaha-budidaya-buncis-mini-menjanjikan

Tak hanya buah, kini sayuran yang disukai masyarakat tidak lagi harus berukuran super besar. Pasalnya, saat ini berkembang tren sayuran serba mini atau berukuran kecil sehingga bisa langsung habis dimakan dan tak tersisa. Termasuk tanaman buncis yang kini mulai banyak dijumpai jenis buncis yang berukuran kecil atau disebut buncis mini.

Menurut Dr. Anas D Susila, Guru Besar Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB), prospek usaha sayuran yang kaya protein ini ke depannya akan bagus sebab buncis berukuran mini permintaannya cukup besar. Selain itu, pemeliharaan buncis terbilang cukup mudah dan tidak rewel, tidak seperti sayuran lainnya yang perlu ekstra khusus pemeliharaan.

Masa panennya pada budidaya buncis mini juga cukup singkat, setelah 1 bulan tanam hingga 45 hari tanam. Selanjutnya, tanaman bisa dipanen terus-menerus selang dua hari sekali hingga 10—15 kali panen. Apalagi dengan pertumbuhannya yang tidak merambat sehingga tidak perlu tenaga ekstra untuk membuat dan memasang ajir.

Peluang usaha budidaya buncis mini masih sangat besar, sebab menurut Anas, pembudidayanya masih sangat sedikit, khususnya untuk french beans (buncis perancis).

Kata Anas, yang perlu diperhatikan bagi para pemula dan kunci sukses dalam usaha budidaya ini adalah pemilihan benih. Sebaiknya, pilih benih yang tidak cacat, tidak ada bekas gigitan serangga, serta warnanya hitam dan mengkilap.

Untuk benih baby buncis dipilih dari benih buncis tua yang dikeringkan sebelumnya sekitar 4 hari. Lain halnya dengan benih french beans yang tidak bisa menggunakan benih yang telah ditanam karena hasilnya akan jelek. Benih french beans harus diperbanyak, salah satunya dengan teknik kultur jaringan.

Baca Juga:  Petani Ini Kembangkan Bunga Kol Warna-warni

Para pemula bisa mengawali budidaya tanaman buncis mini secara ekonomis, dengan menyewa lahan seluas 1.000 m2, dengan kapasitas produksi hingga 600 kg setelah 1 bulan hingga 45 hari tanam.

loading...
loading...