Usaha Kuliner Olahan Durian Cukup Menjanjikan


Pertanianku – Durian merupakan salah satu buah yang paling populer di Indonesia. Baunya yang harum menjadikannya sebagai buah favorit bagi banyak orang. Bahkan, saat ini durian dikemas dalam olahan yang beranekaragam dan tentunya siap memanjakan lidah Anda dengan rasa manisnya.

usaha-kuliner-olahan-durian-menjanjikan

Seorang ibu rumah tangga asal Palembang, Ratna Timur, menciptakan kreasi olahan durian menjadi kue tradisional Palembang, yaitu ketan jelly fla durian.

Pecinta durian, kini Anda bisa menikmatinya dengan tampilan nan cantik dan menawan, seperti kreasi yang tersaji di meja sederhana di Jalan Tegal Binangun Palembang. Ketan dan durian, merupakan makanan tradisional yang banyak disukai Palembang. Ratna memodifikasi kue ketan durian dengan fla dan jelly.

“Ini kue tradisional ketan fla durian dikombinasikan hiasan modern dengan jelly saya pilih durian karena permintaannya banyak,” tutur Ratna.

Untuk membuat kue dengan varian ini, bahan yang dibutuhkan, ketan, tepung, gula aren, susu cair, jelly, gula pasir, santan, mentega, garam dan tentunya buah durian. Diawali dengan ketan yang sudah dicuci lalu direndam selama satu jam, kemudian dikukus, dilanjutkan membuat fla atau saus, serta cream untuk hiasan atas kue. Bagian tersulit saat membentuk bagian atas kue

Setelah ketan matang, lalu dibentuk dengan cetakan, atau bisa menggunakan loyang, kemudian lapisi bagian atasnya dengan fla.

Usai itu, dinginkan beberapa saat, barulah dihias menggunakan cream jelly. Bagian ini yang tersulit, karena membutuhkan kesabaran dan ketelitian, agar bentuk yang kita inginkan dapat sempurna.

Harga kue durian ini dijual Ratna mulai dari Rp150.000—Rp200.000 tergantung ukuran. Kue durian ini tidak hanya banyak dipesan di Palembang. Namun, juga beberapa kabupaten di Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Ternak Jangkrik Datangkan Omzet Hingga Rp10 Juta per Hari
loading...
loading...