Waspada! Buah Belimbing Bahaya Bagi Penderita Ginjal


Pertanianku – Belimbing merupakan buah yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Namun, tahukah Anda buah belimbing akan menjadi bahaya jika dikonsumasi secara berlebihan dan terutama bagi penderita penyakit ginjal?

waspada-belimbing-bahaya-bagi-penderita-ginjal

Dijelaskan para ahli, belimbing juga dapat membuat orang keracunan. Kasusnya telah lama terjadi, yaitu pertama kali di Malaysia pada 1980. Orang yang mengonsumsinya akan mengalami efek depresi pada sistem saraf pusat, sebagaimana dikutip Livescience.

Tidak cuma itu, muncul laporan kasus gagal ginjal akut pada orang yang terlalu berlebihan mengonsumsi belimbing. Pasien dengan penyakit ginjal kronis akan mengembangkan reaksi buruk setelah makan belimbing. Ia akan mengalami kemerosotan fungsi ginjal dan kerusakan ginjal permanen. Laporan itu diterbitkan dalam Journal of Nephrology.

Dalam kasus serupa dilaporkan di Hong Kong Medical Journal pada 2009, seorang wanita 76 tahun dengan penyakit ginjal kronis dirawat di rumah sakit dalam keadaan detak jantung cepat setelah makan dua buah belimbing.

Sebelum mengalami risiko akut, terlebih dulu mengalami gejala umum untuk keracunan buah belimbing. Anda akan mengalami cegukan ringan, muntah, kelemahan tubuh, insomnia, perubahan kesadaran, kejang, dan hipotensi.

Orang dengan riwayat penyakit ginjal harus menjauhi buah belimbing. Apalagi jika Anda mengonsumsinya saat perut kosong, jelas memengaruhi kesehatan.

Baca Juga:  Tembakau Jadi Vaksin Kanker
loading...
loading...