Waspada! Makanan Sehat ini Bisa Berubah Jadi Racun!

Pertanianku – Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan ikan memang menjadi suatu keharusan guna menjaga kesehatan tubuh. Pada dasarnya makanan yang kita akan akan menjadi sehat jika mengonsumsinya dalam dosis yang sewajarnya.

Pada kenyataannya tidak semua makanan sehat baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir oleh laman Medical Daily, ada beberapa makanan sehat yang justru beracun jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pertama, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, atau sawi hijau. Ternyata sayuran yang kaya akan vitamin C, A, zat besi, dan asam folat ini juga mengandung asam oksalat yang memengaruhi warna daun pada sayuran hijau ini.

Kabar buruknya, asam oksalat yang menumpuk berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan risiko batu ginjal, sakit perut, tekanan darah rendah, kejang hingga nadi lemah.

Bahkan, pada konsumsi 25 gram asam oksalat atau setara dengan 3,5 kilogram bayam bisa menyebabkan kematian.

Makanan sehat lain yang juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan adalah tuna kaleng. Tuna diketahui mengandung jumlah merkuri paling banyak dibandingkan jenis ikan lainnya.

Efek dari mengonsumsi tuna berlebihan bisa memengaruhi kondisi penglihatan, pendengaran, kemampuan bicara, koordinasi tubuh, dan lemah otot. Untuk mencegah risiko ini, batasi konsumsi tuna kaleng sekitar 3—5 kaleng seminggu.

loading...
loading...