Waspadalah Membekukan Kembali Daging yang Telah Cair!

0

Pertanianku – Daging sapi merupakan salah satu makanan yang mengandung protein hewani dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Biasanya seseorang membeli daging dalam jumlah yang banyak. Bahkan, bisa digunakan untuk beberapa kali masak. Jika Anda membeli daging, pastilah Anda akan memasukannya ke kulkas bukan?!

membekukan-kembali-daging-yang-telah-cair-bahayakah

Di saat stok daging berlebih, Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan dilematis, yaitu memasaknya sekaligus atau beberapa potong saja. Jika Anda memilih pilihan kedua, tentu saja sisa daging lainnya terpaksa dimasukkan kembali ke lemari pendingin.

Melihat hal tersebut, sebuah pertanyaan besar pun muncul. Apakah daging yang telah dicairkan aman dikonsumsi jika kembali dibekukan di lemari pendingin?

Menurut US Department of Agriculture (USDA), seperti dilansir dari Popsugar, membeli daging salmon yang beku lalu memasukkannya ke lemari pendingin di rumah, memang sangat dianjurkan. Sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi daging unggas dan sapi.

Selain memengaruhi rasa dan teksturnya, kandungan mineral pada daging tersebut akan berkurang drastis selama proses pencairan berlangsung. Tidak hanya itu, ketika Anda memutuskan untuk membekukannya kembali, proses tersebut justru akan membentuk kristal es yang dapat merusak serat pada daging itu sendiri.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencairkan daging adalah menggunakan air es, atau langsung di dalam microwave. Jangan sekali-sekali mencairkannya di meja dapur yang bersuhu ruang.

loading...
loading...