Wow! Anjing ini dapat Mendeteksi Penyakit Kanker Tiroid pada Manusia

0

Pertanianku – Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Saat ini penderita kanker di dunia terus meningkat. Hal ini karena penyakit tersebut sulit untuk dideteksi. Namun, benarkah Anjing dapat mendeteksi kanker pada manusia?

Wow! Anjing ini dapat Mendeteksi Penyakit Kanker Tiroid pada Manusia

Terdapat seekor anjing yang dinyatakan bisa mendeteksi adanya penyakit kanker pada diri seseorang. Bahkan, tingkat keakuratannya sebesar 88%. Dilansir dari laman metro.co.uk, anjing yang tidak hanya lucu dan menggemaskan serta bersahabat tersebut bernama Frankie.  Frankie sendiri adalah anjing German Sherpherd yang terlatih mendeteksi kanker tiroid.

Anjing memiliki daya penciuman yang tajam. Tidak heran jika anjing Frankie yang sudah terlatih ini juga dengan mudah bisa mendeteksi keberadaan kanker tiroid pada tubuh seseorang. Sebelumnya, Frankie telah dilatih di Unviersity of Arkansas Medical Sciences (UAMS) untuk bisa mendeteksi keberadaan kanker.

Anjing Frankie dilatih untuk berbaring saat mencium adanya kanker tiroid pada seseorang dan memalingkan muka jika seseorang tersebut bersih dari risiko kanker. Dari 34 pasien di University of Arkansas, hanya 2 pasien yang menunjukkan kesalahan deteksi.

Seperti diketahui, kanker tiroid merupakan salah satu kanker yang jarang menyerang manusia. Kanker ini sendiri dikatakan sangat sulit untuk dideteksi. Biasanya, untuk mendeteksi kanker tiroid, perlu dilakukan tes darah dan juga tes kadar hormon.

Beberapa dokter yang melatih Frankie mengharapkan bahwa kemampuan anjing yang bisa mendeteksi kanker akan memudahkan seseorang deteksi kanker sedini mungkin dalam dirinya. Hal ini juga dikatakan bisa menghemat biaya serta mencegah operasi kanker yang tidak perlu dilakukan.

Tim peneliti dari University of Arkansas sendiri mengaku tengah berencana untuk bekerja sama dengan para peneliti di Program Auburn University Canine. Kerja sama tersebut sehubungan dengan pengembangbiakan anjing yang bisa mendeteksi kanker.

loading...
loading...