Wow, Inilah Manfaat Madu yang Tersembunyi!


Pertanianku – Lebah merupakan serangga yang menghasilkan madu. Namun, tidak semua jenis lebah dapat menghasilkan madu. Lebah yang bisa menghasilkan madu dengan jumlah banyak hanyalah lebah madu.

wow-inilah-manfaat-madu-yang-tersembunyi

Lebah madu sendiri adalah serangga yang hidupnya berkelompok. Biasanya sekelompok lebah madu akan membuat sarang di pepohonan. Sarang yang mereka buat berasal dari perekat getah pohon dan juga diproduksi dari kelenjar lebah betina yang masih muda.

Madu yang dihasilkan oleh lebah berasal dari makanan yang telah mereka hisap berupa nektar bunga dan serbuk sari. Harga madu sendiri pun tergolong cukup mahal dipasaran.

Seperti yang kita ketahui bersama sudah sejak lama madu digunakan sebagai pengobatan dan kecantikan. Namun, banyak masyarakat sebenarnya belum mengetahui manfaat madu yang sebenarnya.

Inilah manfaat madu yang belum banyak diketahui masyarakat.

  1. Menambah daya tahan tubuh

Manfaat madu yang pertama adalah mengandung fruktosa dan glukosa yang baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

  1. Sebagai anti-oksidan alami

Selain glukosa, ternyata madu juga mengandung senyawa lain seperti vitamin C, pinobanksin, pinocembrin, katalase, dan juga crhysin yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat madu lainnya adalah membantu mengobati penyakit diabetes secara alami. Sebab, madu mengandung fruktosa yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh dan langsung diubah menjadi energi. Jadi, proses mengubah fruktosa tersebut tidak memerlukan bantuan obat ataupun antibiotik lain.

  1. Mengatasi batuk dan juga sakit tenggorokan

Mengonsumsi madu dapat membantu menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan.

  1. Sebagai obat antiseptik

Mengonsumsi madu dapat mempercepat penyembuhan luka. Ini karena pada saat terjadi proses kental ke cair akan menghasilkan hidrogen peroksida yang akan dilepaskan secara perlahan saat bercampur dengan cairan tubuh kemudian akan menjadi obat antiseptik alami.

Baca Juga:  Daun Gatal Papua Bisa Hilangkan Rasa Lelah

Sangat banyak bukan manfaat madu? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi madu secara rutin. Namun, ingat konsumsilah dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

loading...
loading...