Wow Keren! Tempat Budidaya Lebah Madu Dijadikan Tempat Wisata

Pertanianku – Di kawasan hutan lindung, tepatnya di Sungai Wan, Balikpapan mengembangkan budidaya lebah madu yang dilakukan oleh kelompok petani lebah madu di daerah tersebut. Kelompok petani tersebut mengusulkan bantuan kepada Pertamina untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi tempat wisata.

wow-keren-tempat-budidaya-lebah-madu-dijadikan-tempat-wisata

Hal tersebut karena kawasan budidaya lebah madu tersebut sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah saat musim panen tiba.

“Kami harapkan Pertamina untuk menjadikan kawasan ini jadi tempat wisata lebah madu. Karena banyak anak-anak SD yang berkunjung ke sini tiap musim panen dan musim liburan,” kata Kelompok Tani Lebah Borneo Patra, Zahrodin, seperti dilansir Kompas.

Zahrodin menjelaskan, budidaya lebah madu di kawasan hutan lindung Sungai Wain memang baru dibangun pada 2010. Sejak berkembangnya peternakan lebah madu, minat masyarakat terutama anak-anak sekolah semakin besar untuk berkunjung.

Saat ini di kawasan budidaya lebah madu yang berada di RT 42 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, tersebut sudah memiliki 200 kotak tempat sarang lebah madu yang mampu menghasilkan literan madu murni setiap panennya.

Bisnis lebah madu ini sangat menggiurkan karena memiliki omset yang cukup besar. Masa panen madu sendiri bisa dua kali dalam sebulan, dengan tiap masa panen para petani bisa mendapatkan omzet sekitar Rp7 juta—Rp8 juta dari penjualan madu tersebut.

loading...
loading...