Wow Menakjubkan! Benarkah Tempe Memiliki Vitamin Setara dengan Daging?


Pertanianku – Tempe merupakan makanan khas asli Indonesia. Tempe di Indonesia bahkan sangat populer. Ditambah, tempe memiliki segudang manfaat jika kita sering mengonsumsinya. Selain rasanya yang lezat, tempe dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, makanan sehat ini pasti selalu masuk pada daftar menu harian keluarga di rumah. Namun, benarkah jika kandungan vitamin tempe setara dengan daging sapi?

wow-menakjubkan-benarkah-tempe-memiliki-vitamin-setara-dengan-daging

Prof. Dr. Dr. FG Winarno menyampaikan bahwa tempe memiliki vitamin yang biasa ditemukan pada ikan, telur, atau daging. Vitamin B12 yang dimaksud Winarno ini bahkan hanya bisa ditemukan pada tempe untuk sumber pangan nabati.

“Sehingga untuk orang yang menerapkan vegetarian, bisa mengonsumsi tempe untuk mendapatkan vitamin B12 ini. Karena golongan mereka kan tidak mengonsumsi daging,” ujar Winarno, seperti dikutip Okezone.

Vitamin B12 ini, tambah dia, memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mencegah kekurangan darah dan membantu pengembangan otak dan saraf.

“Sehingga tempe ini sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena dalam proses mengandung, otak dan saraf anak sedang terbentuk,” tutur Winarno.

Bahkan, menurut Winarno lagi, nutrisi yang terkandung dalam tempe jauh lebih tinggi dibandingkan bentuk olahan kedelai lainnya, yakni tahu. Tempe juga disebut lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sayangnya, manfaat dari mengonsumsi tempe tersebut masih belum banyak diketahui orang. Winarno menyebut bahwa masih banyak orang yang menganggap tempe sebelah mata.

“Untuk itu, saya, anak dan cucu saya, mendirikan Indonesian Tempe Movement untuk mempromosikan manfaat tempe, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Cucu saya juga sedang aktif mengampanyekan tempe Indonesia ke kancah internasional di Oxford, Inggris,” papar Winarno.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kedelai, Petani Mulai Terapkan Teknologi
loading...
loading...