Wow Miris, Harga Singkong di Bandar Lampung Hanya Dihargai Rp350/kg


Pertanianku – Petani singkong di Bandar Lampung saat ini sedang terpuruk. Hal ini karena harga singkong di daerah tersebut anjlok. Untuk 1 kg singkong petani hanya dihargai Rp350. Dalam hal ini pemerintah dirasa belum bisa memberikan solusi untuk menyejahterakan petani singkong.

Wow Miris, Harga Singkong di Lampung Hanya Dihargai Rp350/kg

Sejumlah petani singkong di Lampung Tengah dan Lampung Timur bahkan tidak bisa berbuat apa-apa dengan anjloknya harga singkong belakangan ini. Para petani terpaksa melepas produksi panen singkongnya ke penampung dengan harga tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

“Kami tak bisa tahan singkong yang sudah menumpuk. Harga Rp350 per kg terpaksa kami relakan juga,” ungkap Yanto, salah seorang petani singkong di Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, seperti dikutip Republika (19/10).

Biasanya ia menjual singkong basah seharga Rp1.200/kg. Namun, belakangan harga singkong berkisar Rp500–Rp600/kg. Anjloknya harga singkong di Lampung karena masuknya impor singkong dari Vietnam yang menawarkan harga lebih rendah dibanding singkong lokal. Hingga akhinya harga singkong sampai pada harga Rp350/kg.

Menurut Yanto harga sekarang tidak menguntungkan petani. Petani yang sudah beralih menanam singkong dari sebelumnya bertanam karet karena harganya menggiurkan, ternyata juga tidak kunjung sejahtera.

“Dulu banyak yang menebang pohon karetnya, lalu pindah tanam singkong karena harganya tinggi. Tapi sekarang sama saja,” tutur Yanto.

Baca Juga:  Hidroponik Mudah dan Murah dengan Starterkit
loading...
loading...